Bangga Jadi Alumni SMAN 2 Kota Sukabumi, Cerita Ramdani dan Ivan di SMANDA Career Day

SMAN 2 Kota Sukabumi
Para alumni SMAN 2 Kota Sukabumi saat menghadiri kegiatan Career Day.

SUKABUMI – Beginilah suasana SMAN 2 Kota Sukabumi yang beralamatkan di Jalan Karamat No. 93, Karamat, Gunung Puyuh yang merupakan salah satu sekolah negeri yang berada di Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Meskipun sekolah ini merupakan sekolah negeri, namun tidak kalah saing dengan sekolah-sekolah yang ada di Kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat pada umumnya.

Bacaan Lainnya

Sekolah SMAN 2 (SMANDA) Kota Sukabumi juga memiliki beberapa fasilitas yang sangat mendukung proses berlangsungnya belajar mengajar untuk para siswa.

Diantaranya, memiliki 36 ruang kelas, laboratorium komputer, perpustakaan, aula dan halaman sekolah yang luas serta fasilitas lainnya.

Sekolah ini juga telah berhasil melahirkan banyak lulusan yang berprestasi baik pada bidang akademik dan non akademik yang berlandaskan HEBAT (Humanis, Elegan, Berbudaya, Akademik, Terampil) untuk menunjang karir para siswa dan alumni.

Ramdani Murdiana, (28) adalah Alumni Lulusan SMANDA 2012 dan Ivan Taufiq Nugraha (22) merupakan Alumni Lulusan SMANDA 2019 menjadi pengisi acara melalui kegiatan Talkshow yang diselenggarakan pada acara SMANDA Career Day dengan tema “Live your Dream, Embrace Your Future” yang menceritakan kisah mereka di bidang pendidikan dan bisnis pasca lulus menjadi wisudawan dari SMANDA (Selasa, 10 Januari 2023).

“Alhamdulillah, pada tahun 2012 saat kelas 12 saya di daftarkan beasiswa BIDIKMISI oleh guru bimbingan konseling (BK) SMANDA dan berhasil menjadi satu-satunya siswa yang lulus SNMPTN di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan mendapatkan beasiswa BIDIKMISI di Jurusan Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi 2012” kata Ramdani.

Terdapat beberapa rekan-rekan Ramdani seangkatannya yang menjadi TNI, Polisi, Karyawan Swasta, PNS, Pengusaha dan menjadi guru yang mengajar di sekolah-sekolah negeri dan swasta terbaik di Kota Sukabumi maupun diluar Kota.

“Saya sendiri setelah lulus di SMANDA dan meraih gelar sarjana pendidikan dari UNJ, melanjutkan pendidikan magister saya dengan beasiswa Ibn Haldun Scholarship pada tahun 2018 di Ibn Haldun University yang berada di Istanbul, Turki. Saya menjadi lulusan orang Indonesia pertama dari kampus tersebut dan meraih gelar magister manajemen ketika pulang ke Indonesia” katanya.

Beliau menambahkan bahwa setiap fase pendidikan yang ia lewati tidak hanya kuat dalam kemampuan akademik saja, namun membutuhkan mental yang kuat dan memanfaatkan kesempatan yang sudah disediakan, itu semua sudah ditanamkan sejak menjadi siswa di SMANDA.

Ramdani menghimbau kepada para orang tua untuk percaya kepada kemampuan para siswa dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bisa meraih mimpi mereka melalui berkuliah di dalam dan luar negeri.

Sementara itu Ivan mengatakan bahwa keterbatasan ekonomi bukan penghalang untuk bisa melanjutkan jenjang kuliah.

“Tang terpenting kita berani melangkah meraih mimpi kita dengan usaha yang maksimal. Saya membagi pernah menjadi marbot di Masjid Al-Ghifari IPB (Institut Pertanian Bogor) hingga lulus. Saya membagi waktu antara kuliah, bekerja paruh waktu, menjadi marbot masjid, hingga meraih prestasi, ” tuturnya.

Ia sebagai pendiri perusahaan produk inovasi kesehatan hewan PT. Sutan Vet Medika juga menambahkan bahwa setiap mimpi bisa menjadi kenyataan asal kita mau untuk meraihnya, apalagi dengan banyaknya kesempatan yang terbuka di zaman sekarang.

“Kita harus mengenal diri kita dalam mengoptimalkan kelebihan yang kita miliki untuk membuat diri kita semakin berkembang, dari situ kita harus berusaha mencari tantangan-tantangan yang luar biasa dan kompetisi-kompetisi yang besar, ” imbuhnya.

Selain itu, guru-guru di SMANDA sangat mendukung para siswa untuk bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi mengikuti jejaknya Ramdani dan Ivan. Salah satu guru BK di SMANDA.

“Kita akan selalu memfasilitasi keinginan, minat dan bakat siswa ke jenjang persiapan/pendaftaran kampus guna menjadikan mereka sebagai generasi sumber daya manusia yang HEBAT (Humanis, Elegan, Berbudaya, Akademik, Terampil) agar dapat memiliki manfaat & dampak terbaik bagi banyak orang, ” tutur Annur Aliyyu.

Sementara itu, Kepala Sekolah Ceceng Mamad, (51) juga menambahkan, acara Career Day yang diadakan ini adalah untuk memfasilitasi, memotivasi dan menginspirsai siswa untuk merencanakan hidup yang lebih baik.

“Guna mempersiapkan generasi yang unggul di kemudian hari” pungkasnya.

Pada kesempatan Career Day, para peserta kelas XII mengaku senang dan bangga kepada SMANDA yang telah memfasilitasi acara ini.

Melalui rangkaian acara Career Day ini para siswa dapat memiliki motivasi tinggi studi lanjutan, mempersiapkan diri dalam mengahadapi seleksi masuk perguruan tinggi dan membantu siswa untuk mendapatkan informasi mengenai perguruan tinggi yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. (*)

Pos terkait