151 Siswa SD Se Kota Sukabumi Bersaing di Pentas PAI

Pentas PAI Kota Sukabumi

SUKABUMI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi bersama Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kota Sukabumi menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Jenjang SD Tingkat Kota Sukabumi 2024 di Aula Disdikbud Kota Sukabumi, Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Rabu (19/6/2024).

Ketua KKG PAI Kota Sukabumi Jajat Sudrajat mengatakan pada pelaksanaan Pentas PAI tahun ini sangat berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dimana untuk tahun ini jumlah mata lomba yang dilombakan ada delapan mata lomba sesuai dengan yang ada di provinsi.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulilah tahun ini kita lengkap unuk mata lombanya itu ada delapan mata lomba yang dilombakan kalua tahun-tahun sebelumnya itu hanya tujuh mata lomba saja, jadi setiap ke provinsi itu kita hanya mengikuti tujuh mata lomba dari delapan lomba yang ada,” terangnya.

Adapun jumlah peserta Pentas PAI diikuti 151 siswa SD se-Kota Sukabumi, mereka merupakan siswa siswi hasil seleksi dari masing-masing kecamatan dengan mata lomba yaitu Lomba Adzan diikuti 7 peserta, Lomba MHQ putra-putri diikuti 14 peserta, Lomba MTQ putra-putri diikuti 14 peserta, Lomba Kaligrafi putra-putri diikuti 14 peserta, Lomba Salat Berjamaah diikuti 7 regu, Lomba Cerdas Cermat PAI diikuti 7 regu dan Lomba Qasidah diikuti 5 regu

“Untuk lomba Qasidah karena kita baru mengadakan tahun ini jadi ada dua kecamatan yang tidak mengirimkan peserta karena belum siap, mudah-mudahan tahun depan tujuh kecamatan bisa mengirimkan semua ,” terang Jajat yang juga guru PAI di SDN Dewi Sartika CBM ini.

Jajat berharap di masa-masa menjelang purnabaktinya yang tinggal menghitug hari tersebut Kota Sukabumi bisa meraih juara umum Pentas PAI di Provinsi Jawa Barat nanti.

Untuk itu segala upaya dilakukan KKG PAI untuk mewujudkan itu semua mulai dari pembinaan oleh guru masing-masing secara rutin hingga berkolaborasi dengan Pembina yang berkompeten seperti misalnya, untuk kaligrafi melibatkan guru dari Pondok Pesantren Lemka dan MTQ serta MHQ melibatkan dari LPTQ atau Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an sehingga demikian ia berharap melalui usaha-usaha tersebut bisa berhasil sehingga khafilah Kota Sukabumi bisa menghiasi langit Jawa Barat dengan prestasi dan memboyong piala di provinsi Jawa Barat nanti yang akan dilaksankan pada 29-30 Juni 2024 di Gedung Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kota Bandung, Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Kota Sukabumi, Martin Wahyudi sangat mengapresiasi perlombaan Pentas PAI Jenjang SD Tingkat Kota Sukabumi ini. Dikatakannya dari seleksi di tingkat Kota Sukabumi ini juara 1 dari setiap cabang lomba berhak mewakili Kota Sukabumi ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

‘Alhamdulillah tahun ini Kota Sukabumi meyelenggarakan lengkap ada 8 mata lomba dan tentunya saya berharap siapapun nanti yang akan menjadi wakil Kota Sukabumi terus semangat belajarnya dan mudah-mudahan bisa juara umum. Kemudian titip pesan untuk nanti peserta dar Kota Sukabumi tolong jaga nama baik Kota Sukabumi, berjuang semampu kita, ikut lomba dengan sportif apapun itu kita lakukan Bersama,” pungkasnya. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *