Penentuan Siapa Terbaik

  • Whatsapp

JAKARTA – Laga penentuan bakal tersaji di ajang UEFA Nations League pada Minggu (15/11) dini hari. Dalam laga ini, akan mempertemukan juara Euro 2016 melawan Piala Dunia 2018 Pertemuan yakni Portugal vs Prancis.

Dalam papan klasemen Grup A3, Portugal masih berada di puncak karena unggul dalam hal produktivitas gol. Sedangkan Prancis, berada dibawahnya dengan kolesi sama yakni 10 angka dari 4 laga sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Portugal sejauh ini membukukan rekor 8 laga tak terkalahkan di semua kompetisi. Terakhir mereka menang besar 7-0 atas Andorra pada laga uji coba Kamis. Sementara Prancis, secara mengejutkan dikalahkan Finlandia 0-2 pada laga uji coba Kamis lalu. Kekalahan itu menghentikan rekor 12 laga tak terkalahkan skuad asuhan Didier Deschamps.

Pada pertemuan pertama, kedua tim bermain imbang 0-0 di Prancis. Akan tetapi Prancis lebih superior ketimbang Portugal dalam rekor pertemuan. Dari 26 kali pertemuan, Prancis berhasil mengantongi 18 kemenangan sementara Portugal hanya menang 6 kali, dua laga lainnya berakhir imbang.

Dari lima pertemuan terakhir, Prancis juga berhasil meraih tiga kemenangan berbanding satu kemenangan Portugal.

Portugal dipastikan akan turun dengan kekuatan terbaiknya. Mega bintang Cristiano Ronaldo, Joao Felix, Bruno Fernandes, Diogo Jota hingga penjaga gawang Rui Patricio tak mendapatkan masalah cedera atau pun Covid-19.

Pelatih Fernando Santos juga telah berhitung dengan matang soal kebugaran para pemainnya. Pada laga uji coba kontra Andorra, dia sempat membangkucadangkan Ronaldo cs dan memberikan kesempatan kepada para pemain lapis kedua seperti Trincao, Joao Moutinho dan Renato Sanches.

Didier Deschamps sedikit kurang beruntung. Dia kemungkinan akan kehilangan penyerang Kylian Mbappe yang masih mengalami cedera. Begitu juga dengan pemain sayap Kingsley Coman. Keduanya tak bermain pada laga kontra Finlandia.

Deschamps disebut masih harus melihat perkembangan terakhir dari kedua pemain untuk dapat diturunkan pada laga kontra Portugal. Jika mereka tak bermain, maka Deschamps dipastikan harus mengandalkan Marcus Thuram dan Anthony Martial.

Performa Portugal dan Prancis memang tengah apik. Keduanya dianggap sebagai dua tim terbaik di daratan Eropa saat ini. Karena itu, pertemuan keduanya bak partai final turnamen bergengsi.

Bagi kedua tim, kemenangan pada laga ini akan mempermudah langkah mereka ke babak berikutnya UEFA Nations League. Bagi Portugal, hal itu lebih berarti karena mereka merupakan juara bertahan. Karena itu, skuad asuhan Fernando Santos lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan. Meskipun demikian, bukan berarti Prancis akan mudah menyerah begitu saja.

“Hanya tiga dari empat pemain itu yang akan tampil [menghadapi Prancis]. Tapi saya tidak akan mengungkapkannya sekarang,” kata Pelatih Portugal, Fernando Santos usai pertandingan melawan Andorra.

Selain keempat pemain di atas, Portugal sejatinya memiliki dua penyerang lain yang juga diturunkan saat menghadapi Andorra, yakni Pedro Neto dan Francisco Trincao.

Santos sendiri mengaku puas dengan kinerja anak asuhnya saat menggasak Andorra 7 gol tanpa balas. Hasil itu memperpanjang rekor tak terkalahkan Portugal menjadi delapan pertandingan. “Itu pertandingan yang menarik dan sesuai dengan yang kami harapkan,” kata Santos.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *