Yenny Wahid Gadeng PBB Deklarasikan Desa Damai

Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid bersama dengan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) dan UN Women bersinergi untuk membentuk konsep Desa Damai. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

JAKARTA — Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid bersama dengan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) dan UN Women bersinergi untuk membentuk konsep Desa Damai. Sampai saat ini telah sedikitnya 16 desa yang sudah dideklarasikan sebagai Desa Damai.

Deklarasi yang dilakukan Yenny bersama Bupati Sleman sengaja dilakukan pada 21 September lalu, bertepatan dengan Hari Perdamaian Dunia. Dalam peresmian sekaligus deklarasi tersebut dinyatakan bahwa Desa Damai merupakan bentuk penguatan peran perempuan di berbagai bidang.

Bacaan Lainnya

“Kami percaya, pembentukan Desa Damai bisa berperan penting untuk menguatkan ketahanan desa,” ujar Yenny Wahid dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Jumat (19/11).

Yenny menyebut, program Desa Damai yang telah digagas sejak lama ini memang mengutamakan pembangunan ekonomi desa dan pemberdayaan perempuan. Hal ini bisa terlihat melalui pembentukan kelompok kerja yang keanggotaannya minimal 30 persen perempuan.

Lagi pula, kata Yenny, pembangunan ekonomi dan pemberdayaan perempuan diyakini memegang peranan penting dalam menangkal intoleransi dan radikalisme. Program Desa Damai diharapkan dapat menjaga masyarakat dari bahaya-bahaya yang dapat memecah persaudaraan dan kebangsaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.