Tito Maknai Pancasila Jadi Kekuatan Bangsa

  • Whatsapp
Mendagri Tito Karnavian saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi II DPR di Gedung Nusantara, Senayan, Selasa (26/11/19). Rapat membahas anggaran e-KTP. FOTO: HENDRA EKA

JAKARTA — Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menekankan pentingnya Pancasila dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pancasila sebagai dasar ideologi negara memiliki nilai-nilai yang menguatkan Indonesia untuk menjalin persatuan, solidaritas dan gotong royong yang dibutuhkan dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Pandemi ini adalah momentum untuk menekankan pentingnya nilai Pancasila. Ini ujian terhadap kesatuan kita sebagai satu bangsa,” kata Tito dalam keterangannya, Senin (1/6).

Tito pun menekankan, pandemi Covid-19 merupakan kejadian luar biasa dengan tingkat penyebaran terluas dalam sejarah umat manusia, yakni hanya dalam waktu 5 bulan, sekurangnya 216 negara telah terjangkit virus korona. Bahkan, Indonesia untuk pertama kali dalam sejarah mengalami pandemi wabah di setiap provinsi pada saat yang bersamaan.

Read More

“Kita terbiasa dengan demam berdarah, malaria, kolera dan cacar, tapi tidak pernah terjadi secara nasional serempak karena biasanya hanya terjadi infeksi lokal, bukan serempak seluruh negara terdampak dan terpapar,” ujar mantan Kapolri ini.

Menurut Tito, negara yang berhasil keluar dari pandemi Covid-19 adalah negara yang memiliki persatuan dan kesatuan serta solidaritas yang kuat, mulai dari pemerintah sampai masyarakat tingkat bawah. Dia menyebut, nilai-nilai tersebut merupakan ideologi dasar dari Pancasila. “Kita menghadapi musuh yang sama, kita harus kompak, tidak boleh saling menyalahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Elemen masyarakat harus kompak, jangan mengalahkan karena ini akan melemahkan sedangkan bangsa yang kompak yang akan survive,” ucap Tito.

Menurutnya, pandemi ini merupakan ujian bagi Indonesia, bukan hanya ujian bagi pemerintah pusat maupun daerah. Tito mendorong agar pandemi ini dijadikan momentum untuk membuktikan kesaktian Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. “Pancasila baru akan teruji, benar-benar sakti saat kita tetap utuh, bersatu dalam kebersamaan dan tidak goyah dalam menghadapi Covid-19,” pungkasnya. (wan/jpg)

Related posts

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *