Tinggi air Bendung Katulampa 130 cm, Jakarta Siaga 3 Banjir

Suasana aliran Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa
Suasana aliran Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jabar, Rabu (4/5/2022) petang. (FOTO ANTARA/HO-Posko Bendung Katulampa)

BOGOR — Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat yang dialiri Sungai Ciliwung mengalami tinggi muka air (TMA) 130 cm sehingga berstatus siaga 3 banjir Jakarta pada Rabu (4/5) petang.

Menurut Kepala Bendung Katupampa Andi Sudirman saat dikonfirmasi wartawan, di Bogor, Rabu malam menjelaskan hujan sedang hingga deras di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor dan wilayah Bogor pada umumnya membuat arus Sungai Ciliwung meningkat.

Bacaan Lainnya

“Warga Jakarta perlu siaga, hujan yang terjadi siang menjelang sore di wilayah Bogor membuat tinggi muka air juga naik,” katanya.

Ia menyebut status Siaga 3 di Bendung Katulampa dengan ketinggian 130 cm tercatat pada pukul 17.30 WIB.

Kenaikan mulai terjadi pada sore hari ketika hujan sedang hingga deras mulai mengguyur wilayah hulu Sungai Ciliwung yakni di Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Derasnya aliran Sungai Ciliwung itu akan melintas Jakarta diperkirakan pada malam hari.

Menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, hujan sedang di Puncak Bogor terjadi pada pukul 16.00 WIB dan akan berlanjut menjadi hujan ringan hingga pukul 19.00 WIB.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.