Tepat Hari Jumat Puncak Haji 2022 Berpotensi Jadi Haji Akbar

Antrean jemaah menuju Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah
TEMPAT MUSTAJAB: Antrean jemaah menuju Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah (14/6). Tahun ini pemerintah Saudi menerapkan kebijakan harus mendaftar terlebih dahulu untuk masuk Raudhah. (MEDIA CENTER HAJI)

JAKARTA — Konsultan Pembimbing Ibadah Daerah Kerja (Daker) Makkah Aswadi mengatakan puncak musim haji 1443 Hijriah /2022 Masehi yaitu wukuf di Arafah yang dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah 1443 atau Jumat 8 Juli 2022 berpotensi menjadi haji akbar.

“Sebenarnya haji akbar itu meningkatkan semangat untuk beribadah, karena Nabi Muhammad SAW itu haji wada’ dan haji akbar hanya sekali,” katanya di Makkah, Arab Saudi, Rabu (15/6) 2022.

Berdasarkan Rencana Perjalanan Haji dari Kementerian Agama pelaksanaan wukuf atau puncak haji di Arafah jatuh pada Jumat 8 Juli 2022. Guru besar Ilmu Quran dan Tafsir UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut mengatakan, keistimewaan haji akbar tersebut karena bertepatan dengan hari Jumat yang merupkan Sayyidul Ayyam atau rajanya hari.

“Yang menjadi istimewa adalah karena hari Jumat itu, tumpukannya sayyidul ayyam maka ini adakah puncak kemuliaan.Karena pemimpin satu minggu itu kan Jumat. Jadi kalo haji pas Jumat itu berarti adalah dilipat gandakan sesuai dengan amaliah kemuliaan di hari Jumat itu,” katanya.

Ia mengatakan Jumat adalah hari istimewa, Allah SWT memuliakan umat Muhammad SAW dengan hari Jumat, yang tidak diberikan kepada umat nabi terdahulu.

Keistimewaan hari Jumat bagi umat muslim yaitu diampuni dosa-dosanya. Sebagaimana diriwayatkan dari Anas RA, Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta’ala tidak membiarkan seorang muslim pun pada hari Jumat yang tidak diampuni dosanya.” (HR. Ibnu ‘Adiy dan Ath-Thabrani).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan