Survei : Elektabilitas PAN Melesat Setelah Ditinggal Amien Rais

  • Whatsapp
PAN
Amien Rais yang juga dikenal sebagai mantan Ketua Umum PAN dan Ketua Dewan Kehormatan partai kini sedang fokus membesarkan Partai Ummat. (istimewa)

JAKARTA – Hasil penelitian Arus Survei Indonesia (ASI) teranyar menunjukkan pada kelas menengah terjadi dinamika mencolok, terutama soal adanya peningkatan popularitas partai Demokrat dan PAN, keduanya dianggap miliki perubahan signifikan, hal ini menurut Ali disebabkan posisi politik yang berada di kelompok oposisi pemerintah.

“Kelas menengah lebih agresif, Nasdem 8.5 persen, Demokrat 8.2 persen, PKB 7.9 persen. Dan ini paling menonjol, PAN secara mengejutkan memperoleh 6.1, ini capaian bagus, selama ini Demokrat meningkat karena adanya keriuhan di media, PAN cukup senyap tetapi mampu kalahkan PKS yang hanya raih 5.9 persen” lanjut Ali.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hasil survei tersebut, analis komunikasi politik dari Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai hal itu sangat masuk akal, menurutnya PAN miliki momentum popularitas sejauh ini, salah satunya saat berseteru dengan Amien Rais.

“Popularitas PAN tidak mengejutkan sebenarnya, ada alasan terbuka untuk itu, yaitu setelah mundurnya Amien Rais memang ada geliat baru di PAN, Amien yang keras tidak lagi relevan dengan iklim politik PAN, sehingga ketika ia memilih keluar, simpatisan PAN justru kembali loyal pada kepemimpinan Zulkifli Hasan, inilah satu sebab PAN melejit, termasuk Zulhas,” katanya di Jakarta.

Dedi juga menambahkan, indikasi perubahan popularitas dan elektabilitas PAN terlihat dari stagnansi simpati pada partai Ummat besutan Amien Rais, ia memilai Amien semakin sulit mengekspresikan pengaruh jika tidak berada di PAN.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *