Ridwan Kamil : Eril Alami Keram saat Berenang di Sungai Aare

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Humas Pemda Jabar/Antara)

BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduga, putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril mengalami keram saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5) lalu. Hal ini mengingat air sungai sangat dingin, karena berasal dari gletser atau lelehan salju di pegunungan.

“Kami menduga ada kram. Karena fisiknya lebih tinggi dari saya, di usia bagus-bagusnya badannya, dia juga hobi berenang dan punya lisensi menyelam pula. Jadi menurut logika fisik harusnya aman-aman saja. Tapi kita enggak pernah tahu, makanya itu disebut musibah,” kata Ridwan Kamil dalam rekaman video, Senin (6/6).

Bacaan Lainnya

“Usia sedang bagus-bagusnya, hobi berenang, dan ada lisensi menyelam. Makanya secara logika seharusnya aman-aman saja. Tapi inilah namanya musibah, dan setiap musibah kita harus menyampaikan Innalillahi wa Innailihi Rojiun,” sambungnya.

Selama berada di Swiss, Ridwan Kamil mengaku ikut serta melakukan pencariaan dengan menyisir sungai. Setiap harinya, selama 7 hari Ridwan Kamil berjalan 5 hingga 8 kilometer (km), berharap bisa menemukan putra tercinta.

Menurutnya, di Swiss, hukum pencarian orang hilang selama 7 hari secara intensif. Kemudian pencarian masuk status rutin, di mana hanya melakukan pengecekan biasa. “Nanti status hukumnya satu tahun baru dinyatakan sudah tidak eksis lagi atau bagaimana,” papar Ridwan Kamil.

Terpisah, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad memastikan pencarian Erik di Sungai Aare akan tetap berlangsung. Meski perwakilan keluarga Gubernur Jabar pulang ke Indonesia.

“Walaupun nanti mungkin pihak keluarga kembali ke Bandung (Indonesia). Saya ingin menegaskan bahwa KBRI akan melanjutkan tugas-tugasnya dan menjadi contact person atau kontak yang dapat dihubungi, baik oleh pihak keluarga dan terutama untuk pemantau setempat,” ucap Muliaman.

Nantinya, KBRI Swiss sepenuhnya akan berkoordinasi secara intensif tentang upaya-upaya yang dilakukan terkait proses pencarian Eril, baik dengan pihak otoritas kepolisian setempat maupun keluarga Ridwan Kamil yang berada di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan