Profil Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Hari Ini Dilantik Presiden

Zulkifli Hasan
Mendag Zulkifli Hasan

JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang mengisi posisi Menteri Perdagangan pada reshuffle Kabinet Indonesia Maju kali ini.

Pria yang akrab disapa Zulhas itu akan menduduki posisi Menteri Perdagangan untuk menggantikan Muhammad Lutfi. Zulkifli Hasan lahir di Lampung, 13 Agustus 1962 dan memiliki istri bernama Soraya, pernikahan itu menghasilkan empat anak, yakni bernama Futri, Zulya Savitri, Zita Anjani, Ray Zulham, Farras Nugraha, dan M. Rafi Haikal.

Bacaan Lainnya

Pria berusia 60 tahun itu menyelesaikan pendidikan pogram sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada 1996. Kemudian mengambil program pasca sarjana di Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan mendapat gelar Magister Manajemen pada 2003.

Di awal masa jabatannya sebagai Ketua MPR RI dia mengemban tugas menyelenggarakan pelantikan presiden-wakil presiden untuk masa pemerintahan 2014–2019 di tengah situasi politik yang penuh ketegangan.

Dalam perjalanan karirnya, Zulhas ternyata bukan orang baru di kabinet. Pada era Susilo Bambang Yudhoyono, kariernya makin cemerlang setelah ditunjuk sebagai Menteri Kehutanan (Menhut) periode 2009-2014.

Dia dipercaya oleh SBY setelah sebelumnya didapuk menjadi panitia angket BBM DPR

Berbagai penghargaaan pernah dicapainya, bahkan di masa akhirnya sebagai Menteri Kehutanan, Zulhas juga mendapat penghargaan dari Kalpataru Perintis Lingkungan dari Kumpulan Bonjol Nagari Koto Kaciak, Pasaman, Sumatra Barat, pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014 di Jakarta dan Bhumandala Award dari Badan Informasi Geospasial (2014).

Selanjutnya, karier Zulhas makin cemerlang dan mencatatkan sejarah sebagai ketua umum PAN sebanyak dua kali. Pada 2015, Zulhas mengalahkan petahana Hatta Rajasa dalam pemilihan ketua umum PAN. Pria yang akan menjadi Menteri Perdagangan itu juga pernah duduk di kursi anggota DPR Komisi VI.

Lalu, pernah menjadi Ketua Fraksi PAN DPR RI Periode 2004-2009. Dikutip dari situs resmi DPR RI, Rabu (15/6/2022), saat ini Zulhas merupakan anggota DPR komisi IX periode 2019-2024 yang bertugas mengawasi pelaksanaan perundang-undangan, termasuk APBN. (mcr28/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan