Nadiem Akui Teknologi Tak Dapat Gantikan Interaksi Guru-Murid

Nadiem Anwar Makarim (Antara)

JAKARTA—, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan teknologi tidak dapat menggantikan interaksi tatap muka antara pengajar dan peserta didik di masa pandemi Covid-19.

“Teknologi tidak akan pernah bisa menggantikan pembelajaran tatap muka dan interaksi langsung antara guru dengan murid,” ungkap dia dalam acara daring Indonesia Makin Cakap Digital, Kamis (20/5).

Bacaan Lainnya

Meskipun begitu, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran merupakan hal yang tidak lagi bisa dihindari. Teknologi berperan besar dalam membantu anak-anak tetap mendapatkan pendidikan ketika pembelajaran tatap muka tidak mungkin dilakukan.

“Kita kini semakin sadar bahwa pemanfaatan teknologi mampu mengakselerasi transformasi pendidikan dan mendorong lompatan kemajuan,” imbuhnya.

Untuk itu, transformasi pendidikan dengan memanfaatkan teknologi digital merupakan sebuah kewajiban. Apabila sukses, sistem pendidikan dalam negeri dapat meningkatkan secara pesat.

“Dengan satu syarat, syaratnya adalah teknologi harus dimanfaatkan secara tepat sasaran dan cakap,” kata dia.

Jadi, pandemi ini diharapkan dapat menjadi pemicu akselerasi sistem pendidikan Indonesia yang semakin canggih. “Memasuki satu tahun pandemi Covid-19, tiba waktunya bagi kita semua untuk merefleksikan hal-hal yang perlu kita benahi dan tingkatkan sebagai bagian dari upaya kita untuk kembali pulih dan bangkit,” pungkasnya.(jpg)

Pos terkait