Musim Hujan Datang Lebih Awal, BMKG Beri Penjelasan Begini

Musim hujan 2022
Musim hujan 2022 datang lebih awal. -Ilustrasi-Pixabay/@mxwegele

JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim hujan di Indonesia pada tahun 2022-2023 akan datang lebih awal dibandingkan normalnya.

“Diprakirakan, awal musim hujan di Indonesia akan terjadi pada September hingga November 2022 dengan puncak musim penghujan diprakirakan terjadi pada Desember 2022 dan Januari 2023,” ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam Konferensi Pers Prakiraan Musim Hujan 2022/2023 di Jakarta,belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Musim hujan yang datang lebih awal ini menurut BMKG adalah kontribusi dari kombinasi fenomena La Nina dan IOD Negatif. Fenomena La Nina diprakirakan akan terus melemah dan menuju netral pada periode Desember 2022 – Januari 2023. Adapun fenomena IOD (Indian Ocean Dipole) diprakirakan akan tetap negatif hingga November 2022.

“Kombinasi dari kedua fenomena tersebut (La Nina dan IOD Negatif) diprakirakan akan berkontribusi pada meningkatnya curah hujan di Indonesia,” ungkap Dwikorita Karnawati.

Saat ini berdasarkan pembaharuan zona musim yang dilakukan BMKG, terdapat sekitar 699 Zona Musim dengan jumlah 583 ZOM (Zona musim) yang memiliki dua musim atau lebih (sebelumnya hanya disebut ZOM saja), dan 116 ZOM yang memiliki satu musim (sebelumnya disebut NONZOM).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.