Luhut : Perusahaan RI-Tiongkok Segera Bangun Pabrik Vaksin di Indonesia

Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan (Istimewa)

JAKARTA — Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, perusahaan Indonesia berkolaborasi dengan perusahaan Tiongkok untuk membangun pabrik vaksin Covid-19.

Sayangnya, Luhut belum dapat menyebutkan terkait perusahaan tersebut. Namun, pada April 2022 mendatang akan ada produksi vaksin jenis mRNA yang dilakukan oleh kolaborasi kedua perusahaan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Industri vaksin sudah kita dorong dan dibangun di Indonesia. Akan ada satu produksi di bulan April yang kerja sama produksi vaksin mRNA, itu kerja sama dengan Indonesia dan Tiongkok,” ujarnya dalam Rakerkornas Apindo, Selasa (24/8).

Di sisi lain, pemerintah juga terus mengembangkan vaksin Merah Putih pada Mei-Juni 2022. Vaksin Merah Putih yang dikembangkan sudah dilakukan sejak tahun lalu juga sudah mulai diproduksi. “Merah Putih lagi jalan juga, produksi pada Mei atau Juni tahun depan,” imbuhnya.

Luhut juga meminta Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk ikut berkontribusi meningkatkan industri kesehatan di Indonesia. Apalagi, saat ini sedang dilakukan reformasi besar-besaran di sektor kesehatan. “Saya imbau teman-teman di Apindo mau masuk ke sektor kesehatan,” ungkapnya.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *