Khusus Warga Miskin, Pemerintah Bakal Bagikan STB Siaran TV Digital Gratis, Begini Teknisnya

Pengalihan siaran TV analog ke TV
Pengalihan siaran TV analog ke TV digital, atau Analog Switch Off (ASO) tahap pertama bakal dilakukan pada 30 April.

JAKARTA — Pemerintah memastikan, khusus bagi rumah tangga miskin akan mendapatkan bantuan penyediaan Set Top Box (STB) untuk dapat menerima siaran TV digital pada saat dilakukannya penghentian siaran TV analog atau analog switch off (ASO).

Komitmen bantuan tersebut diatur dalam PP No. 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran. Adapun, penyediaan STB bersumber dari komitmen penyelenggara multipleksing.

Bacaan Lainnya

“Apabila jumlah STB belum mencukupi, pemerintah akan melengkapinya dengan pembiayaan dari APBN atau sumber lainnya yang sah,” kata Plt. Direktur Jenderal PPI Ismail, Kamis 28 April 2022.

Ismail menyebut, satu Rumah Tangga Miskin hanya berhak menerima satu bantuan STB. Adapun, jumlah STB yang disiapkan untuk ASO tahap pertama mencapai 3.202.470 unit. “Bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang terdampak ASO, dapat mengunjungi tautan https://komin.fo/stbASO1 untuk melihat data jumlah STB yang akan diterima dan mengetahui penyelenggara yang bertanggung jawab untuk menyediakan STB di wilayah masing-masing,” terangnya..

Ismail menjelaskan, bahwa pihaknya menggunakan dan mengolah data penerima bantuan yang berasal dari data DTKS Kementerian Sosial untuk menentukan kriteria penerima bantuan STB.

“Hal itu untuk menjaga agar bantuan tepat sasaran dan tepat guna,” ujarnya.

Pertama, penerima bantuan STB memiliki pesawat TV analog. Kedua, menikmati siaran TV melalui terrestrial. Ketiga, lokasi rumah tangga berada dalam cakupan wilayah layanan siaran TV Digital.

Dari kriteria tersebut, terlihat bahwa penerima bantuan merupakan penonton televisi analog terestrial yang terkena dampak migrasi ke siaran TV Digital.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.