Ramadan, Karang Taruna Kota Sukabumi Lakukan Donor Darah Masal

Karang Taruna Kota Sukabumi
Sejumlah anggota Karang Taruna saat mengikuti donor darah di PMI Kota Sukabumi, Rabu (27/4).

SUKABUMI — Beragam cara dilakukan untuk menggerakan warga guna mendonorkan darah. Salah satunya elemen Karang Taruna Kota Sukabumi yang menggagas kegiaran donor darah massal, Rabu (27/4).

Ketua Karang Taruna Kota Sukabumi, Raden Koesoemo Hutaripto mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi untuk membantu kebutuhan stok darah, terlebih saat bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

Bacaan Lainnya

Di mana, saat Ramadan ini, stok darah di PMI Kota Sukabumi semakin menipis lantaran kurangnya pendonor. “Berkaca dari itu, kita membuatkan surat dan pamplet yang diseber ke setiap wilayah kelurahan untuk sama-sama ikut berkontribusi,” ujar Raden kepada Radar Sukabumi, Kamis (28/4).

Menurut dia, donor darah ini bukan hanya menyehatkan pendonornya, tetapi melatih untuk berbagi sesama masyarakat yang membutuhkan.

Tentunya, sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, karang taruna harus aktif dan berkerja nyata. “Ini akan menjadi contoh dan kedepannya akan kita rutinkan,” akunya.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, para pendonor diberikan bingkisan berupa menu buka puasa dan uang transport serta doorprize.

“Saya ucapakan terima kasih kepada para insan karang taruna yang sudah berpartisipasi dan kedepan kita bisa menjadi contoh dalam membangun kemanusiaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Sukabumi, Feri Pebriana menambahkan, kegiatan donor darah masal ini merupakan bagian dari kegiatan Gema Ramadan Berbagi.

Di mana pihaknya mengajak sejumlah komunitas dan Karang Taruna untuk melakukan donor darah. Alhasil, terdapat 150 labuh darah yang berhasil ditampung.

Diterangkan dia, ada beberapa komunitas yang digandeng dalam donor darah ini yakni, Karang Taruna Kota Sukabumi, Komunitas Bola, Komunitas Ojol mitra Gojek, Komunitas Ikatan Alumni Sekolah, Komunitas Automotif dan Motor, Komunitas Driver Ambulan dan Organisasi Profesi Kesehatan.

“Alhamdulillah komunitas sangat antusiah sengan adanya donor darah ini. Terlihat dari banyaknya yang mengikuti donor darah,” kata Wakil Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Sukabumi, Feri Pebriana kepada Radar Sukabumi, Kamis (28/4).

Feri menjelaskan, terdapat sebanyak 175 orang yang mendaftar untuk mendonorkan darahnya. Namun, tedapat 25 orang yang tidak lolos seleksi sehingga hanya 150 yang mengikuti donor darah. “25 orang ini tidak lolos seleksi sehingga tidak bisa mengikuti donor darah,” bebernya.

Penyelenggaraan donor darah ini, sebagai salah satu upaya PMI Kota Sukabumi untuk memenuhi permintaan labuh darah.

“Karena sejauh ini stok darah cukup minim sehingga kami terus berupaya menggencarkan donor darah dengan menggandeng beberapa unsur mulai instansi pemerintah, komunitas hingga unsur lainnya,” cetusnya.

Pihaknya berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan PMI Kota Sukabumi ketersediaan darah kedepan bisa semakin meningkat.

“Dengan begitu, ketika ada permintaan keluarga pasien tidah harus lagi mendonorkan darahnya. Mudah-mudahan stok darah bisa semakin meningkat,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.