Kapolri: Keamanan Papua Terjaga Berkat Soliditas dan Sinergitas

  • Whatsapp
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Papua. (Mabes Polri for JawaPos.com)

JAKARTA — Prajurit TNI-Polri yang bertugas menjaga kamtibmas di Papua kedatangan tamu istimewa. Yakni, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Mereka menyapa sekaligus memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh prajurit, Jumat (22/10).

Kapolri Sigit memberi apresiasi. Kepada seluruh personel TNI-Polri yang telah bekerja keras dan mengerahkan segala kemampuannya untuk untuk menjaga keamanan di Papua, adalah bentuk pengabdian terbaik seorang prajurit, bagi Bangsa, Negara dan rakyat Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Saya menyampaikan penghargaan kepada seluruh personel TNI-Polri yang tanpa lelah dan terus semangat bertugas di lapangan memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara serta masyarakat,” kata Sigit.

Salah satu contoh kerja keras yang dilakukan oleh TNI-Polri adalah, saat memastikan lancarnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua. Seperti diketahui, PON berjalan lancar dari segi keamanan. Baik dari kamtibmas, maupun aman dari segi kesehatan di tengah Pandemi Covid-19.

“Alhamdulilah, semuanya berjalan dengan aman lancar dan juga hal-hal yang terkait dengan laju pertumbuhan Covid-19. Semuanya berjalan dengan aman dan tidak terjadi lonjakan,” ujar Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini pun melihat bagaimana kerja keras anggota TNI-Polri yang terus bersinergi bersama dengan Dinkes dan relawan terkait dengan percepatan vaksinasi. Dari data yang dimilikinya, dari banyakya penonton yang datan, sebanyak 136 orang terpapar positif dan saat ini rata-rata hampir sebagian sembuh.

”Kita lihat satu minggu terakhir ini, dibanding minggu lalu terjadi penurunan terhadap konfirmasi positif. Artinya seluruh jerih payah yang dilakukan rekan-rekan terkait dengan upaya mengendalikan laju covid berjalan dengan baik,” ujar Sigit.

Lebih dalam, dari sisi pengendalian Covid-19, mantan Kapolda Banten itu juga mengapresiasi jajaran TNI-Polri yang mengamankan penyelenggaraan PON dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Menurut Sigit, penyelenggaraan keberhasilan pengamanan event nasional di Papua, dapat menjadi cerminan bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan event baik dalam negeri maupun internasional.

“Ini menunjukan di mata dunia, Indonesia di masa Covid-19 mampu menyelenggarakan event besar dengan penonton dan berjalan lancar serta aman. Itu semua bisa terjadi atas kerja keras rekan-rekan TNI-Polri, masyarakat dan elemen terkait untuk bagaimana mewujudkan PON berjalan dengan baik,” tutur Sigit.

Selain itu, Sigit mengatakan bahwa penyelenggaraan PON ini menunjukan Indonesia mampu untuk melakukan langkah-langkah pengendalian penyebaran Covid-19. Saat ini, kata Sigit, Indonesia berada di posisi nomor satu paling tinggi dalam penanggulangan Covid-19 di kawasan Asia Tenggara. Hal ini menurutnya harus dipertahankan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *