Ini Silsilah Keluarga Ferdy Sambo, Ayah Eks Calon Kapolri, Mertua Jenderal TNI

Kompolnas benarkan ada kerajaan ferdy sambo
Kompolnas benarkan ada kerajaan ferdy sambo di internal Polri dan jadi benalu yang harus diamputasi

JAKARTA – Silsilah keluarga Ferdy Sambo, tersangka pembunuhan Brigadir Joshua Hutabarat alias Brigadir J terungkap. Silsilah keluarga Ferdy Sambo membuat banyak orang takjub. Mantan Kadiv Propam Polri itu ternyata berasal dari keluarga terhormat.

Ayah Ferdy Sambo adalah purnawirawan jenderal bintang dua, Mayor Jenderal Polisi (Mayjen) Pieter Sambo. Kakak kandung Ferdy Sambo juga seorang jenderal polisi. Kabarnya masih aktif di Polri sampai sekarang. Pangkatnya Inspektur Jenderal (Irjen) atau jenderal bintang dua.

Bacaan Lainnya

Sementara mertua Ferdy Sambo atau ayah Putri Candarawti adalah purnawirawan jenderal TNI. Pangkat terakhirnya Brigadir Jenderal TNI (Brigjen) atau jenderal bintang satu TNI. Tak heran, pengaruh Irjen Ferdy Sambo di lingkungan Polri cukup besar. Sebab, dia berasal dari keluarga jenderal.

Saking besarnya pengaruh Ferdy Sambo, sampai-sampai dia dijuluki ‘Kaisar Samb’. Menko Polhukam Mahfud MD menyebut kelompok Ferdy Sambo seperti kerajaan di internal Polri.

“Karena ini tak bisa dipungkiri ada kelompok Sambo sendiri ini yang seperti menjadi kerajaan Polri sendiri di dalamnya. Seperti sub Mabes yang sangat berkuasa,” kata Mahfud di kanal YouTube Akbar Faisal Uncensored pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Profil Pieter Sambo

Mayjen Pieter Sambo dikenal sebagai polisi jujur. Ia sangat mengagumi mantan Kapolri, Jenderal Hoegeng Iman Santoso. Mayjen Pieter Sambo dikenal dekat dengan panglima ABRI (1983-1988) Jenderal LB Moerdani.

Pieter Sambo pernah dipromosi sebagai Kapolri saat LB Moerdani menjabat sebagai Menhankam Pangab. Surat pengangkatan Pieter Sambo jadi Kapolri sudah jadi. Tinggal ditandatangani.

Tiba-tiba LB Moerdani mendapat telepon dari Cendana, kediaman Presiden Soeharto. Harapan Pieter Sambo jadi Kapolri pun buyar. Seorharto lantas menunjuk Jenderal Mohammad Sanoesi sebagai Kapolri (1986-1991).

Setelah SK Mohomad Sanoesi diterbitkan, LB Moerdani menghubungi Mayjen Pieter Sambo. Dalam pembicaraan telepon, LB Moerdani meminta Pieter Sambo bersabar. Dia tidak bisa jadi Kapolri karena berasal dari kalangan minoritas, non muslim.

Jejak Mayjen Pieter Sambo

Mayjen Pieter Sambo berasal dari keluarga sederhana. Ia lahir di Tana Toraja (Tator), Sulawesi Selatan. Istrinya seorang bidan. Asal Luwu. Dari keluarga terhormat.

Tator dan Luwu adalah dua wilayah yang bertetangga. Pada zaman Presiden Soeharto, Tator hanya satu kabupaten. Luwu juga demikian. Kini, Tator dipecah menjadi 2 kabupaten. Sedangkan Luwu dimekarkan menjadi 3 kabupaten dan 1 kota.

Pieter Sambo merupakan perwira intelijen Polri yang berlatar belakang Brimob. Pieter Sambo pernah menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara (1984-1986). Lalu menjabat Kapolda Irian Jaya.

Pieter Sambo pernah menimbal ilmu inteljen di KGB Uni Soviet, dan Mossad. Ia juga lama menimba ilmu intelijen di Amerika Serikat. Tak heran, Pieter Sambo sangat mahir berbahasa Inggris dan bahasa Rusia. Ia seorang jenderal cerdas.

Pieter Sambo pensiun pada 1991 dan meninggal dunia pada tahun 2015. Jenazah Pieter Sambo dimakamkan di Kelurahan Buntu Barana, Kecamatan Tikala, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Ferdy Sambo dan Putri Candrawati Pacaran Sejak SMP

Ayah Putri Candrawati atau mertua Ferdy Sambo bukan orang sembarangan. Ia seorang purnawaiaran TNI. Pangkat terakhirnya Brigadir Jenderal(Brigjen) atau jenderal bintang satu.

Putri Candrawati dan Ferdy Sambo sudah saling kenal sejak masih muda. Keduanya mengenyam pendidikan di SMP Negeri 6 Makassar, Sulawesi Selatan sekitar tahun 1988. Kabarnya, benih-benih cinta Putri Candrawati dan Ferdy Sambo mulai tumbuh saat sekolah di SMPN 6 Makassar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.