Hepatitis Akut misterius Muncul di Jakarta, PB-IDI Bakal Lakukan Ini

Hepatitis
ILUSTRASI; Hepatitis (Istimewa)

JAKARTA — Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB-IDI) melaporkan Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis Akut misterius hingga kini mencapai 170 kasus di sejumlah negara, dikutip dari ANTARA.

“Hepatitis akut secara resmi dipublikasikan sebagai KLB oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) karena jumlah laporan kasus serupa terus bertambah,” kata Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi melalui keterangan resmi yang dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (3/5).

Bacaan Lainnya

Adib mengatakan lebih dari 170 kasus Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya itu telah dilaporkan dari 12 negara di dunia. PB IDI melaporkan lembar fakta kronologi temuan kasus berdasarkan laporan WHO dan Kementerian Kesehatan RI.

Pada 5 April 2022, Inggris Raya melaporkan temuan sepuluh kasus Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya pada anak-anak. Seluruh kasus dirawat rumah sakit. Tidak ditemukan virus Hepatitis A-E dalam pemeriksaan laboratorium.

8 April 2022, penyelidikan dilakukan lebih lanjut, hasilnya ditemukan 74 kasus di Inggris Raya. Enam anak telah menjalani transplantasi hati. 11 April 2022, tidak ada laporan kematian.

21 April 2022, kasus terbaru dilaporkan Britania Raya dan Irlandia Utara sebanyak 114 kasus. Laporan kemuudian diikuti Spanyol 13 kasus, Israel 12 kasus, Amerika Serikat sembilan kasus, Denmark enam kasus, Irlandia kurang dari lima kasus, Belanda empat kasus, Italia empat kasus, Norwegia dua kasus, Prancis dan Rumania satu kasus, dan Belgia satu kasus.

April 2022, kasus yang sama juga muncul di Jepang dan Kanada. Mei 2022, Singapura melaporkan dua kasus dan Indonesia tiga kasus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.