Hari ke-9, 181 Kantong Jenazah Korban Lion Air Diserahkan

Jumlah kantong jenazah pada hari kesembilan pencarian dan evakuasi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 kembali bertambah. Hingga sore ini, total kantong jenazah yang didapatkan sebanyak 181 kantong.

“Sampai tadi malam itu sudah 164 kantong jenazah. Hari ini, saya belum turun tadi sudah mendapat laporan, ada 17 kantong jenazah. Jadi, sudah 181,” kata Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Madya Muhammad Syaugi, di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/11).

Bacaan Lainnya

Syaugi menuturkan, saat berbicara dengan keluarga para korban, mereka mengaku sudah mengikhlaskan. Mereka pun ingin proses identifikasi cepat dilakukan. Syaugi lantas menjelaskan, proses identifikasi merupakan tanggung jawab Disaster Victim Identification (DVI) Polri.

“Ada prosedurnya. Kalau tugas kami itu secepatnya menemukan korban kalau masih ada. Ini sudah hari kesembilan, besok hari ke-10, janji saya setelah 7 hari ditambah 3 hari, terakhir besok,” tambahnya.

Proses berikutnya, kata Syaugi, adalah melakukan evaluasi dan analisa terkait diperpanjang atau tidaknya proses pencarian dan evakuasi. Menurutnya, jika masih ada kemungkinan korban bisa ditemukan, maka akan diperpanjang.

“Kalau masih ada kemungkinan bisa ditemukan ya kami perpanjang. Kalau tidak ada dipertemukan, ya tidak diperpanjang. Makanya tergantung hari ini bagaimana trennya sampai besok pagi,” pungkasnya.(rdw/JPC)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *