Gerhana Bulan Diperkirakan Terjadi Jumat Besok

Ilustrasi gerhana bulan. (Dok. JawaPos)

JAKARTAGerhana Bulan Sebagian (GBS) diperkirakan terjadi pada Jumat (19/11). Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Juanda Surabaya, GBS akan terjadi di semua wilayah Jawa Timur.

”Masyarakat bisa menyaksikan ketika mulai bulan terbit (menjelang akhir fase gerhana bulan sebagian) sampai gerhana berakhir, yang diperkirakan berakhir pukul 19.05 WIB,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Juanda Teguh Tri Susanto pada Rabu (17/11) siang.

Bacaan Lainnya

Gerhana bulan itu terlihat lebih jelas di wilayah Malang. Penyebabnya, wilayah Malang barada di dataran tinggi, dibanding daerah lain.

”Warga Malang dan sekitarnya bisa mengamati GBS saat mulai bulan terbit pukul 17.30 WIB (menjelang akhir fase gerhana bulan sebagian), hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB,” terang Teguh.

Teguh menyebut, GBS itu merupakan fenomena pergerakan dinamis matahari, bumi, dan bulan. Otomatis, GBS hanya terjadi pada saat-saat tertentu. Misalnya, ketika fase purnama tiba.

”GBS dapat diprediksi sebelumnya, dengan proses dan dampak yang ditimbulkan. Ketika gerhana bulan sebagian terjadi pada puncaknya, akan berakibat pada warna bulan yang akan berubah. Cenderung berwarna gelap dan kemerahan di sisi yang terkena umbra Bumi,” papar Teguh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.