Gempa Bumi Guncang Nias, Berpotensi Tsunami?

  • Whatsapp
Gempabumi (ilustrasi)

JAKARTA – BMKG melaporkan gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,2 terjadi di Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, pada Kamis (31/12) petang pukul 17.49.03 WIB.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno menyebutkan episenter gempa bumi itu terletak pada koordinat 0,32 lintang utara (LU) dan 97,64 bujur timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 km arah barat daya Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 23 km.

Bacaan Lainnya

Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik ( thrust fault ). Guncangan gempa bumi itu dirasakan di Teluk Dalam II- III Skala Mercalli (Modified Mercalli intensity.MMI).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Data Informasi Gempa Bumi Hingga pukul 18.06 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *