NASIONAL

42 PTN Terkoneksi Perpusnas

JAKARTA – Sebanyak 42 perguruan tinggi negeri(PTN) resmi terkoneksi dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.Dengan demikian seluruh dosen dan mahasiswa bisa mengakses seluruh buku, jurnal yang ada di Perpusnas maupun 42 PTN.

Kepala Perpusnas RI M Syarif Bando mengatakan, 42 perpustakaan PTN ini punya aplikasi masing-masing tapi tidak bisa terkoneksi satu sama lain.

Melalui Perpusnas dengan aplikasi INLISLite maka aplikasi apapun yang dipakai perpustakaan PTN lainnya akan bisa dimigrasikan datanya.

“Nanti yang di Bangka Belitung ingin mengakses perpustakaan di Universitas Cendrawasih Monokwari, UGM Jogjakarta, Unibraw Malang bisa dilakukan dengan menjadi anggota online Perpusnas,” kata Syarif di sela-sela MoU antara Perpusnas dan Kementerian Riset Teknolog dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), kemarin (22/3).

Perpusnas lanjutnya, akan difasilitasi Indonesia OneSearch (IOS) untuk bisa masuk ke dalam aplikasi yang berlaku secara nasional dan bisa membaca apa saja di sana.

Ketika Perpusnas memiliki 4 juta koleksi, misalnya UGM punya 2 juta, Universitas Airlangga punya 1 juta, Universitas Brawijaya 2 juta, ini digabungkan menjadi suatu milik bangsa, maka akan jadi kekuatan baru.

1 2Laman berikutnya
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button