2019, Dana PKH Rp 34 T Keluarga Miskin Terima Rp 10,2 Juta Pertahun

RADARSUKABUMI.com – JAKARTA – Pemerintah telah menaikkan jumlah bantuan bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang masuk dalam program keluarga harapan (PKH). Di mana selain bantuan flat, juga disediakan komponen tambahan. Dengan skema baru tersebut, setiap keluarga bisa menerima bantuan senilai maksimal Rp. 10,2 juta pertahun.

Angka tersebut bisa didapat jika pada masuk kategori PKH akses yang mendapat dana flat Rp 1 juta per tahun. Serta di keluarganya terdapat ibu hamil/balita yang mendapat komponen tambahan Rp 2,4 juta, anak sekolah SMA mendapat Rp 2 juta, penyandang disabilitas berat mendapat Rp 2,4 juta, dan lansia berusia di atas 60 tahun mendapat Rp 2,4 juta.

Bacaan Lainnya

Menteri Sosial Agus Gumiwang mengatakan, besarnya jumlah kenaikan dana PKH sebagai komitmen pemerintah membantu pengentasan kemiskinan. Oleh karenanya, alokasi anggaran naik dari Rp 19 triliun menjadi Rp 34 triliun. Sementara cakupan bertambah dari 6 juta keluarga menjadi 10 juta keluarga penerima.

Agar bantuan dengan skema baru itu tepat sasaran, pemerintah sudah meminta petugas pendamping PKH untuk melakukan validasi data setiap KPM. “Pendamping yang bisa memastikan bersama dengan pemerintah daerah smapai kepala desa melakukan verifikasi,” ujarnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin (13/12).

Agus menuturkan, secara umum, daftar penerima KPM akan sama. Pemutakhiran akan dilakukan kepada keluarga yang sudah naik kelas sejahtera, meninggal, atau adanya perubahan status. “Itu ada dinamikanya, tapi proporsinya tetap 10 juta (keluarga) lah,” kata politisi Golkar itu.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan, PKH merupakan wujud keberpihakan pemerintah pada masyarakat. Dengan adanya bantuan keuangan, keluarga miskin diharapkan bisa memiliki akses dana untuk kebutuhan sehari-hari plus modal usaha. Program yang berjalan dua tahun terakhir itu sudah berkontribusi terhadap penurunan jumlah masyarakat miskin di angka 9,8 persen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *