Tekan Bencana, Petugas Gabungan Mulai Pangkas Belasan Pohon Tua, Ini Alasannya

Sejumlah petugas gabungan saat
PEMANGKASAN: Sejumlah petugas gabungan saat melakukan pemangkasan pohon di wilayah kerjanya, Kamis (9/6).(FT: BAMBANG/RADARSUKABUMI)

SUKABUMI — Sejumlah petugas gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, bersama PLN UP3, DLH, DPUTR dan Dishub melakukan mitigasi dengan memangkas belasan pohon yang rawan tumbang, Kamis (9/6).

Pemangkasan pohon dilakukan dibeberpa titik diantaranya, di sekitar Jalan Gotong Royong, Jalan Karamat, Jalan Kopeng, Sebagian Jalan Bhayangkara, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Islam Assyifa, STIKES Sukabumi, Politeknik Sukabumi dan daerah lainnya.

Bacaan Lainnya

“Ada sebanyak 50 personel gabungan yang saat ini bersama melakukan mitigasi. Personel ini, dibagi menjadi enam tim untuk melakukan pemangkasan pohon di enam titik,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardani kepada Radar Sukabum, Kamis (9/6).

Lanjut Imran, pemangkasan pohon ini sebagai upaya mengantisipasi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan pohon tumbang.

“Kami melaksanakan pruning atau pemangkasan sebagian ranting dan pohon,” ujarnya.

Adapun, sambung Imran, jenis pohon yang saat dini dilakukan pemangkasan seperti pohon trembesi, mahoni sebagian dan beringin.

“Semua pohon yang berpotensi tumbang ataupun yang usianya sudah tua kami lakukan pemangkasan,” bebernya.

Pihaknya, tidak hentinya menghimbau warga agar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana.

“Karena memang anomali pancaroba ini berubah-ubah untuk cuaca. Selain itu, bagi pengguna kendaraan agar selalu berhati-hati ketika terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang diharap untuk menunda perjalanan mencari tempat aman, tidak dibawa pohon dan juga bangunan yang tinggi ataupun rawan,” pungkasnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan