Sungai Cipelang Bakal Disulap

  • Whatsapp

CIKOLE– Kondisi sungai Cipelang yang semakin memprihatinkan rupanya mengetuk hati Pemerintah Kota Sukabumi. Rencananya, kawasan sungai yang bersumber dari rimba belantara Gedepangrango itu dijadikan sebagai kawasan sungai wisata.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Sukabumi, Asep Irawan mengungkapkan, penataan kawasan sungai Cipelang tersebut telah masuk pada rencana program tahun depan. Tidak hanya itu, alokasi anggarannya pun sudah diskemakan melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Bacaan Lainnya

“Sungai Cipelang ini masuk pada rencana pengentasan kekumuhan di Kota Sukabumi yang bakal di intervensi oleh program dari pemerintah pusat, sedangkan peda pelaksanaanya dilakukan dengan kolaborasi,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (31/10).

Hasil penelitian tim Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, Sebut Asep, kualitas air sungai Cipelang ini tercemar limbah rumahtangga. Maka dari itu, pihaknya bakal membangun septik komunal agar limbah rumahtangga tidak langsung mengalir ke selokan yang bermuara kesungai.

“Sungai Cipelang ini dominan tercemar oleh limbah domestik, karena memang hasil penelusuran limbah rumah tangga ini langsung dialirkan pada selokan yang bermuara ke sungai sehingga mempengaruhi kualitas airnya,” terangnya.

Dengan pembangunan septik tank komunal dan perencanaan menjadi sungai wisata, Asep berharap dapat menjaga kualitas air sungai dan kelestarian lingkungan sekitar. Menurutnya, hasil survei beberapa pegiat wisata air, sungai Cipelang cukup cocok untuk wisata tubing ataupun rapting.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *