Sejumlah Bapokting di Kota Sukabumi Merangkak Naik Jelang Akhir Tahun 2022

Pedagang Cabai Merah
Salah seorang penjual cabai di salah satu pasar tradisional Kota Sukabumi saat melayani pembeli

CIKOLE – Menjelang akhir tahun 2022, sebagian Bahan Pokok Penting (Bapokting) di Kota Sukabumi mengalami kenaikan harga disejumlah komoditas, Rabu (28/12).

Kepala Seksi Pengawasan Barang dan Strategis, pada Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, M. Rifki mengatakan, adapun kenaikan harga yang terus menanjak, seperti komoditas Cabai, daging ayam boiler, dan telor ayam kampung.

Bacaan Lainnya

“Yang menjadi perhatian yakni pada komoditas cabai, dimana harga jenis cabai saat ini terus merangkak naik menjelang akhir tahun.

Sekarang harga cabai rawit merah, menjadi Rp56 ribu perkilogram dari harga sebelumnya Rp48 ribu perkilogram dan ini bisa terus naik harganya,” ujar Rifki kepada Radar Sukabumi, Rabu (28/12).

Menurut dia, kenaikan harga cabai ini, kemungkinan disebabkan oleh faktor cuaca, serta tingginya permintaan jelang akhir tahun.

“Begitu juga sama dengan komoditas lainya, telur dan daging ayam, tinggi akan permintaan dan faktor cuaca,” ungkapnya

Selain itu, Rifki menjelaskan, harga daging ayam broiler, saat ini alami kenaikan menjadi Rp36 ribu perkilogram dari harga sebelumnya Rp33 ribu perkilogram.

“Begitu pun dengan telur ayam kampung juga, naik menjadi Rp3 ribu perbutir, dari harga Rp2.500 perbutir. Jadi jelang akhir tahun ini sebagian Bapokting harganya mulai merangkak naik,” jelasnya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya bersama sejumlah instansi akan melakukan monitoring. Hal itu dilakukan dalam menjaga kestabilan harga dan kebutuhan Bapokting jelang akhir tahun.

“Betul, kami bersama dinas terkiat lainya akan melakukan monitoring ke semua pasar yang ada di Kota Sukabumi, untuk menjaga stabilitas harga, dan kebutuhan di akhir tahun ini,” akunya.

Sementara itu, untuk Bapokting lainya masih terpantau stabil. Yakni,beras, minyak goreng, bawang putih, bawang merah, terigu, garam, gula, dan barang strategis lainya.

Begitu juga untuk ketersediaan termasuk semua stok bapokting cukup. Adapun fluktuasi harga masih dalam batas kewajaran.”Penyaluran dan pendistribusian barang-barang hingga saat ini terpantau dalam kondisi aman dan lancar,” pungkasnya. (Cr4/t)

Pos terkait