PMI Luncurkan Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi

  • Whatsapp
Sejumlah petugas PMI Kota Sukabumi saat melakukan simulasi bencana gempa bumi.

SUKABUMI — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, melakukan penyusunan standar oprasional prosedur (SOP) kesiapsiagaan menghadapi gempa bumi sebagai langkah antisipasi terjadinya bencana yang diakibatkan aktivitas Sesar Cimandiri.

Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, SDM dan Relawan PMI Kota Sukabumi, Zaini mengatakan, program kesiapsiagaan gempa bumi ini merupakan program PMI pusat, USAID dan Palang Merah Amerika (Amcross) yang dilakukan di Kelurahan Baros.

Bacaan Lainnya

“Ya, nantinya kami juga bakal membangun rumah tahan gempa bumi sebagai percontohan bagi warga yang hendak membangun rumah bisa menirunya,” kata Zaini kepada Radar Sukabumi, Rabu (18/11).

Program ini, lanjut Zaini, diluncurkan sebagai salah satu langkah dan upaya antisipasi kesiapsiagaan terjadinya gempa bumi di wilayah yang dilintasi Sesar Cimandiri yang dapat menimbulkan gempa bumi.

“Program ini bertujuan untuk meminimalisasi dampak gempa bumi baik dari sisi korban jiwa maupun harta. Sebab bencana ini sewaktu-waktu bisa terjadi, apalagi Kota Sukabumi merupakan salah satu daerah yang dilintasi Sesar Cimandiri,” paparnya.

Dalam program ini juga, sambung Zaini, PMI Kota Sukabumi mengadakan simulasi gempa bumi yang diikuti sejumlah pelajar SD dan dibeberapa kelurahan.

“Jika terjadi gempa bumi, masyarakat jangan panik, menunduk dan harus melindungi kepala menggunakan kursi atau barang lainnya. Baru setelah itu keluar melalui jalur evakuasi,” ucapnya.

Pihaknya berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat meminimalisir dampak dari bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi. “Mudah-mudahan setelah adanya simulai gempa bumi ini masyarakat bisa mengetahui apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana,” pungkasnya. (bam/t)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *