KOTA SUKABUMI

Perumda AM TBW Datangkan Ahli Hidrologi

KOTA SUKABUMI – Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa ( AM TBW) terus melakukan langkah konkrit untuk menyelesaikan permasalahan ketersediaan air baku untuk masyarakat Kota Sukabumi. Kali ini, pihaknya mendatangkan Ahli Hidrologi Indonesia yang juga Guru besar ITB yakni Prof. Arwin Sabar guna melakukan study cepat kondisi air baku existing dan potensi.

“Ya besok ( hari ini,red) kita mengundang Prof Dr Arwin Sabar untuk turun langsung melakukan kajian study cepat,” ujar Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa, Abdul Kholik, Kamis (24/10).

Momentum musim kemarau ini kata Abdul sangat bagus untuk dilakukan study cepat ketersediaan air baku. Sehingga nantinya bisa mengetahui secara real ketersediaan air baku.

” Makanya kita lakukan di musim kemarau, kalau musim hujan itu pasti ketersediaan air baku banyak. Keberadaan perumda AM TBW ini harus bisa mengkoper ketersediaan masyarakat di musim kemarau, “akunya.

Dalam studi ini selain mengkaji kondisi air baku existing seperti Batu Karut, Cinumpang dan Cigadog, juga kondisi air baku potensi. Ada tiga titik yang akan dilakukan study diantaranya sungai Cipelang dan Cimandiri. “Kalau memang itu memungkinkan nantinya akan dijadikan penambahan air baku baru,” ucapnya.

Hasil dari studi cepat ini nantinya akan menjadi dasar untuk Perumda AM TBW dalam mengetahui kondisi air baku exiting dan kemungkinan ketersediaan air baku di beberapa titik yang potensial. ” Kurang lebih 3 atau 4 hari hasilnya bisa keluar,”ungkapnya.

Soalnya Prof ahli hidrologi ini mengkombinasikan literatur seperti data -data empiris dengan kondisi dilapangan. Sehingga paling tidak study cepat ini menggambarkan kearah mana Perumda AM TBW harus bergerak untuk memenuhi air masyarakat. “Juga study ini bisa dijadikan study -study lanjutan kedepannya,” pungkasnya. (bal)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *