Persis Serukan Shalat Gerhana

  • Whatsapp

Pimpinan Daerah Persatuan Islam (PD Persis) Kota Sukabumi menyerukan masyarakat, khususnya jamaah Persis untuk melaksanakan salat gerhana pada Sabtu 28 Juli, mendatang.

Merujuk pada surat edaran nomor 1029/JJ-c.3/PP/2018 tentang gerhana bulan, bahwa dari hasil perhitungan dewan hisab dan rukyat Persis, pada Sabtu (28/7) dini hari akan terjadi gerhana bulan total. Dimana awal kontak gerhana pada pukul 01:24 WIB dan berakhir pada pukul 05:19 WIB.

“Sehubungan dengan kejadian itu, kita menghidupkan sunah rasul, ketika kita mendapatkan gerhana bulan atau matahari, maka kita melaksanakan salat gerhana,” ucap Ketua PD Persis Kota Sukabumi, Muhammad Yamin atau yang karib disapa Abah Yamin, kemarin (24/7).

Dalam peringatan gerhana bulan total nanti, PD Persis Kota Sukabumi menginstruksikan masyarakat, khususnya jemaah Persis untuk melakukan salat gerhana.

Selain salat gerhana, seluruh jamaah Persis di Jabar juga diminta untuk mengumandangkan takbir, mendengarkan khutbah dan bersedekah. “Seluruh kegiatannya tidak dilakukan secara terpusat. Itu dilakukan jemaah di masjid-masjid terdekat saja. Di Kota Sukabumi kan sudah banyak masjid Persis,” kata dia.

“Selain itu, kami meminta masyarakat atau jamaah agar berkumpul di Masjid pada pukul 02.30 WIB dengan mengumandangkan takbir. Sekitar satu jam kemudian atau pukul 03.30 WIB mulai melaksanakan salat gerhana, dilanjutkan dengan mendengarkan khutbah dan bersedekah,” tambahnya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *