Pemerintah Kota Sukabumi

Tiga Hari, DKP3 Monitoring 763 Hewan Kurban

RADARSUKABUMI.com – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi mencatat sebanyak 763 hewan kurban yang disembelih oleh masyarakat Kota Sukabumi.

“Ya, dalam waktu tiga hari ini, hasil monotoring tim dilapangan ada 763 hewan kurban,” ujar Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Andri Setiawan kepada Radar Sukabumi.

Namun jumlah tersebut belum menggambarkan secara keseluruhan hewan kurban yang ada di Kota Sukabumi. Soalnya laporan dari kewilayahan datanya belum masuk .

“Ya itu baru pantauan tim saja, untuk memeriksa proses penyembelihan. Dari wilayah belum kami terima laporannya,” terangnya.

DKP3 Kota Sukabumi sendiri menerjunkan sebanyak 88 persenol untuk memantau penyembelihan hewan kurban. Di pertama yakni Jumat, ada 30 titik dan di Sabtu ada 81 titik sedangkan hari minggu hanya 1 titik. “

Selama 4 hari mereka mendatangi seluruh tempat penyembelihan hewan kurban,” katanya.

Hasil temuan sementara, kata Andri tim dilapangan menemukan cacing hati pada hewan kurban.  Cacing hati tersebut ditemukan di dua tempat lokasi yang berada di Kelurahan Cipanengah dan Lembursitu .” Temuan itu terjadi di Hari kedua yakni Sabtu. Dimana didalam hati sapi terdapat cacing,” akunya.

Cacing hati tersebut sudah diamankan, jadi tidak akan dibagikan kepada masyarakat. Pihaknya akan terus melakukan monitoring kesetiap penyembelihan hewan kurban. ” Kita sudah amankan, kita juga himbau kepada panitia kalau ada cacing jangan dikonsumsi ,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk penyakit antrax, monitor sementara ini tidak ditemukan Lantaran untuk mengantisipasi penyakit antrax sudah dari jauh- jauh hari. ” Sebelumnya kita kan melakukan pemeriksaan hewan kurban disetiap lapak. Alhamdulilah kondisi hewan kurban bagus,” pungkasnya (bal)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button