Pemkot Sukabumi Jadikan Rengganis Lebih Megah

Kolam renang rengganis
Kolam renang rengganis menjadi salah satu objek wisata air bagi warga Kota Sukabumi. IST

SUKABUMI – Taman Rekreasi Olahraga Kenari (TROK) atau yang lebih dikenal dengan Rengganis akan dibangun menjadi lebih megah di tahun 2022 mendatang. Saat ini prosesnya sudah memasuki tahap akhir penyusunan Detail Engineering Design (DED).

“Nah saat ini sudah FGD tahap dua. Jadi, sudah deal mana saja yang akan kita bangun dan berapa anggarannya,”ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi, Tejo Condro Nugroho.

Bacaan Lainnya

Tejo menyebutkan, dananya akan menggunakan APBD Provinsi Jawa Barat dengan nilai anggaran sebesar Rp5 miliar untuk pembangunan fisik dan Rp1 miliar untuk sarana prasarana. Jadi, totalnya sebesar Rp6 miliar. “Insya Allah awal tahun 2022 ini akan kita mulai pembangunan nya,”katanya.

Tejo memaparkan, Wisata Rengganis tersebut nantinya akan di konsep menjadi multi use. Artinya, akan dilengkapi dengan kuliner, area renang, permainan anak, dan menjadi sport center nya Kota Sukabumi. “Khusus untuk kolam renang, tertutup dan mengakomodir kaum wanita. Artinya, akan ada jadwal terpisah untuk wanita dan pria,”ucapnya.

Untuk pembangunannya sendiri, sambung dia, tidak akan merubah bangunan heritage nya. Seperti halnya pada kolam renang, tidak akan di rubah tapi mempercantik yang lama.

Kemudian untuk GOR nya, yang dirubah hanya gambar depannya dengan bangunan Balai Kota Sukabumi, kemudian interior di dalam nya. “Secara keseluruhan lingkungan hampir 80 persen dirubah, tapi tanpa merubah heritagenya,” katanya.

Tejo berharap, setelah dibangunnya Rengganis menjadi ini akan dapat menambah minat wisatawan dari luar daerah untuk datang ke Kota Sukabumi. “Kalau banyak wisatawan masuk kesejahteraan pun akan naik,”pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.