Masa Pandemi, Kota Moci Belum ada Lowongan Kerja

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Dessi Susilawati mengunjungi Balai Latihan Kerja Disnaker di Lembursitu

RADARSUKABUMI.com – Masa recovery dari pandemi Covid-19 di Kota Sukabumi rupanya belum memberikan peluang bagi pencari kerja (pencaker). Pasalnya, hingga saat ini belum ada perusahaan di kota moci tersebut yang membuka lowongan pekerjaan atau penyerapan tenaga kerja.

“Ketersediaan lapangan kerja belum begitu menguntungkan. Bisa dikatakan masil nol,” ujar Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Sukabumi, Didin Syaripudin.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, tidak adanya penerimaan tenaga kerja ini terhitung sejak Juni lalu. Sedangkan untuk priode Januari hingga Maret masih ada, walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak.

”Bulan Juli ini perusahaan mulai bergeliat kembali, tapi baru mempekerjakan yang sempat dirumahkan sebelumnya,” katanya.

Didin menjelaskan, kondisi tersebut berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang membuat sejumlah perusahaan di Kota Sukabumi gulung tikar karena ketidaktersediaan bahan baku.”Dengan adanya Covid-19, banyak perusahaan tutup dan mengurangi jumlah karyawan karena tidak mampu membayar,” jelasnya..

Berdasarkan data sebelumnya, jumlah tenaga kerja di Kota Sukabumi yang dirumahkan karena terdapak pandemi Covid-19 mencapai 901 orang. Dari jumlah sebanyak itu, baru sekitar 50 persen yang dipekerjakan kembali.

“Karyawan yang sudah mulai dipekerjakan kembali baru di sektor perhotelan. Sedangkan untuk sektor lainnya baru sebagian,” paparnya.

Didin menambahkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menggelar berbagai pelatihan yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

Pelatihan untuk memberikan ketrampilan bagi pencari kerja atau yang ingin berwirausaha.”Kalau menciptakan lapangan kerja tidak bisa, karena berkaitan dengan perusahaan. Tapi kalau pelatihan akan kami lakukan, rencananya di bulan September,” pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.