Pemerintah Kota Sukabumi

Kunjungan Perpustakaan 500 perhari

PEMKOT SUKABUMI – Meningkatnya pengunjung ke Perpustakaan Daerah Kota Sukabumi membuktikan jati diri masyarakat sebagai warga dari kota literasi. Predikat itu makin diperkuat dengan bertambahnya anggota perpustakaan daerah tersebut.

Sejalan dengan itu minat baca masyarakat Kota Sukabumi juga semakin naik.

“Dilihat dari bertambahnya minat baca masyarakat, Kota Sukabumi makin mengukuhkan diri sebagai kota literasi. Tingkat pengunjung ke perpustakaan juga terus bertambah,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Kota Sukabumi, Gabriel M. Sukarman.

Jumlah pengunjung perpustakaan daerah perhari mencapai sekitar 500 orang. Perpustakaan Daerah Kota Sukabumi melayani masyarakat dari pukul 09.00 sampai pukul 20.00 WIB setiap hari Senin sampai dengan Jumat. Untuk Sabtu dan Minggu, perpustakaan buka dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB.

“Kami terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjung. Bersamaan dengan itu kami juga menyelenggarakan survei untuk mengetahui jenis bacaan yang paling diminati masyarakat,” ujar Gabriel yang menempati jabatannya baru satu minggu.

Selama kurun waktu 2019, jumlah pengunjung Perpustakaan Daerah Kota Sukabumi mencapai 188.047 orang atau rata-rata 516 orang setiap hari. Dilihat dari latar belakang status dan pekerjaannya, pengunjung perpustakaan itu terdiri dari pelajar sebanyak 55.239, mahasiswa 49.250, karyawan 41.429, dan masyarakat umum 42.129.

Loading...

Selain memberikan pelayanan stasioner, Dispusipda Kota Sukabumi juga menyelenggarakan perpustakaan keliling dengan mobil khusus. Secara rutin setiap hari tiga unit mobil perpustakaan keliling mendatangi tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat seperti Taman Urang Lapang Merdeka, Taman Sugema, Alun-Alun Kota Sukabumi, Wisata Air Panas Cikundul, dan Taman Bungbulang.

“Perpustakaan keliling juga hadir pada setiap kegiatan pemerintah daerah, termasuk pada kegiatan Sijempol Disdukcapil. Begitu juga saban hari Minggu kami hadir di car free day di depan balai kota, ” pungkasnya. (bal)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button