Kadin Kota Sukabumi Minta Pemerintah Bantu Lengkapi PIRT UMKM

  • Whatsapp
Kadin Kota Sukabumi, Ade Wahyudin

SUKABUMI– Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Sukabumi berupaya mendorong perkembangan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya dalam melengkapi perizinan produk seperti label halal, izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) dan perizinan lainnya.

Kadin Kota Sukabumi, Ade Wahyudin mengatakan, saat ini pelaku UMKM yang tergabung dalam Sukabumi Entrepreneur Association (SEA) terdapat sebanyak 200 UMKM yang didorong untuk melengkapi perizinannya.

Bacaan Lainnya

“Perizinan ini sangat penting untuk menunjukan salah satu produk yang layak dimakan. Nah, saat ini biasanya para UMKM keterbatasan dengan perizinan karena itu, Kadin hadir untuk membantu melengkapi semua perizinan para UMKM,” kata Ade kepada Radar Sukabumi.

Lanjut Ade, dalam melengkapi perizinan para UMKM ini tentunya perlu adanya dorongan dari pemerintah baik kota maupun kabupaten. Sebab, sejauh ini pemerintah hanya bisa menyatakan salah satu produk UMKM belum layak namun belum bisa membantu untuk melengkapi semua persyaratan agar menjadi layak dan mendapatkan perizinan.

“Harusnya pemerintah hadir di tengah para UMKM dan membantu melengkapi semua persyaratannya,” ungkapnya.

Menurutnya, potensi UMKM baik di Kota maupun Kabupaten Sukabumi sangat banyak yang harus dikembangkan. Tetapi, karena terkendala dengan perizinan tersebut sehingga UMKM sulit berkembang.

“Karena itu, kami berusaha menjembatani para UMKM ini agar bisa berkembang, salah satunya sedengan mendorong agar segera melengkapi persyaratan perizinan PIRT,” imbuhnya.

Pihaknya optimis, setelah para UMKM dapat memiliki izin PIRT maka kedepannya akan lebih baik serta berkembang. “Mudah-mudahan dengan berbagau upaya yang kami lakukan bisa membantu para UMKM dalam melengkapi semua perizinan yang dibutuhkan,” pungkasnya. (bam)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *