Pemerintah Kota Sukabumi

Ambulan SIGAP Bantu 805 Warga

RADARSUKABUMI.com – Kepala UPT Penunjang Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Eri Nasution , sarana ambulans gratis Siap Ikhlas Segera Antar Jemput Pasien (SIGAP) Pemkot Sukabumi sudah dimanfaatkan warga Kota Sukabumi. Tercatat, hingga saat ini ada sebanyak 805 warga Kota Sukabumi yang menggunakan jasa transportasi kesehatan tersebut. Keberadaan sarana ini sangat dibutuhkan warga yang sakit untuk dibawa ke sarana kesehatan.

Pelayanan ambulans SIGAP dapat diakses oleh masyarakat Kota Sukabumi kapanpun selama 24 jam per hari dan 7 hari per minggu. ‘’ Dalam kurun waktu Nopember 2018- Agustus 2019 sebanyak 805 orang warga yang memperoleh layanan ambulans Sigap,’’ ujarnya kepada wartawan, belum lama ini.

Rinciannya, pasien emergency sebanyak 159 orang dan nonemergency sebanyak 646 orang. Sementara pasien dengan penyakit tidak menular mendominasi pengguna layanan yakni 766 orang dan pasien penyakit menular sebanyak 39 orang.

Menurut Eri, petugas ambulan Sigap Dinks Kota Sukabumi harus selalu siap dan sigap melakukan evakuasi jika dibutuhkan. Mereka bertugas dibagi dalam tiga shift per hari, terdiri dari petugas penerima laporan dari masyarakat atau dari rujukan petugas homecare, dan petugas yang mengeksekusi laporan di lapangan.

Evakuasi pasien yang mendapat rujukan penanganan medis ke rumah sakit dari petugas Homecare kata Eri, dilakukan setelah petugas menerima informasi. Selanjutnya petugas ambulans SIGAP bergegas ke rumah pasien untuk melakukan penjemputan.

Eri menuturkan, ketika pasien tersebut memerlukan rujukan maka akan menghubungi petugas ambulans Sigap. Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses layanan ini dengan menelepon langsung ke ambulan Sigap melalui nomor layanan 0800 1000 119.

Diakui Eri, dalam memberikan layanan Sigap, terkadang petugas terkendala di lapangan terutama pada wilayah yang sulit dijangkau peralatan, seperti di daerah gang sempit dan persawahan sehingga saat membawa pasien petugas mengatasinya dengan cara menggendong pasien hingga sampai ke ambulans.

 

(*)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button