2022, DPUTR Kota Sukabumi Akan Perbaikan Jalan Hingga Buatkan Pedestrian

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi saat memantau pedestrian Jalan Ahmad Yani

CIKOLE– Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Sukabumi di tahun 2022 akan memperbaiki sejumlah ruas jalan yang ada di Kota Sukabumi. Perbaikan itu tidak hanya jalan tapi drainase dan trotoar.

“Rencana dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) di tahun ini akan ada 10 ruas jalan yang akan ditingkatkan,” ujar Kepala Bidang Bina Marga, DPUTR, Lutpi Alif kepada Radar Sukabumi, Senin (24/1).

Bacaan Lainnya

Peningkatan jalan itu diantaranya Jalan Merdeka 1, Jalan merdeka 2, Jalan Arief Rahman Hakim , Jalan Ciandam dan jalan lainnya. Peningkatan jalan itu kata Lutpi bukan seperti perbaikan tapi memberbaiki jalan seluruhnya.

“Kalau perbaikan itu per spot, ini semuanya dengan drainase dan trotoarnya. Disebutnya peningkatan jalan,” jelasnya.

Tak hanya itu, rencana di 2022 pun pihaknya akan melakukan pembangunan pedestrian di beberapa titik, diantaranya Jalan Syamsudin, terusan Jalan Ahmad Yani, dan jalan depan Pendopo.

Nantinya jalan tersebut seperti jalan pedestrian di jalan Ahmad Yani.

“Proyek pedestrian itu direncanakan menggunakan bantuan keuangan provinsi, namun sampai saat ini belum tahu kepastiannya. Kita masih menunggu kepastian dari Bappeda,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan menormalisasikan jalan yang berada di wilayah sekitar pasar, seperi Jalan Perniagaan, Harun Kabir dan lainnya. Apalagi informasinya pasar pelita akan segera difungsikan.

“Ketika pasar yang ada di jalan itu pindah ke pasar pelita, jadi kita akan fungsikan kembali jalan tersebut sesuai dengan fungsinya,” katanya.

Untuk pekerjaan perbaikan dan pembangunan pedestrian tersebut jika memang tidak ada kendala akan dilakukan pada Maret 2022.

Itupun dimulai dari tahapan lelang pekerjaan. “Paling cepat itu bulan maret dan April untuk proses lelang, pekerjaannya setelah lelang itu,” pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.