Lapas Kelas IIB Sukabumi Siap Produksi Ikan Hias

  • Whatsapp
Lapas Kelas IIB Sukabumi saat melakukan pembinaan kemandirian terhadap para WBP, belum lama ini.

SUKABUMI — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sukabumi, terus berinovasi dalam untuk meningkatkan pembinaan kemandirian bagi para warga binaan pemasyarakatan (WBP). Kal ini, lembaga yang dipimpin Christo Victor Toar ini memberikan pelatihan cara pembibitan ikan hias.

Kasubsi Kegiatan Kerja (Giatja) Lapas Kelas IIB Sukabumi, M Robby Awaludin mengatakan, dalam teknis pembibitan ini Lapas bekerjasama dengan pihak ketiga untuk pendistribusiannya.

Bacaan Lainnya

“Melihat tren saat ini, banyak masyarakat yang menggandungi ikan hias sehingga kami berinovasi untuk melakukan pembibitan yang kemudian setelah hampir dua minggu akan didistribusikan kepada pihak ketiga,” kata Robby kepada Radar Sukabumi, Senin (1/3).

Lanjut Robby, pimbinaan pembibitan ikan hias ini sudah berlangsung kurang lebih satu minggu. Para WBP dilatih untuk dapat mempu mengasah keahliannya salah satunya dalam pengembangkan pimbibitan ikan hias ini.

“Ikan hias ini salah satunya jenis cupang dimana saat ini banyak masyarakat yang menggandunginya. Hal itu, terlihat dari permintaan pasar yang cukup tinggi,” ujarnya.

Saat ini, sambung Robby, permintaan ikan cupang sebanyak 1.000 ekor lebih sehingga dapat menjadi potensi penghasilan para WBP selama menjalani tahanan. “Sejauh ini, masih dalam tahap percobaan pembibitan. Mudah-mudahan bisa berhasil,” paparnya.

Robby menambahkan, dengan adanya pembinaan kemandiriaan ini dapat meningkatkan keahlian para WBP dibidangnya masing-masing sehingga ketika sudah selesai menjalani masa tahanan para WBP dapat mengembangkannya di luar Lapas.

“Kami harap, setelah WBP keluar dari Lapas dapat mengembangkan ilmu dan keahliannya yang diperoleh di Lapas ini,” pungkasnya. (bam/t)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *