Lapang Renyah Kota Sukabumi Terbengkalai, Tanggung Jawab Siapa?

Lapang renyah Kota Sukabumi
Lapang renyah Kota Sukabumi

GUNUNGPUYUH— Sport Center atau Lapang Renyah yang merupakan program Unggulan Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, kembali menuai keritikan dari masyarakat. Hal itu lantaran, proyek yang menggunakan anggaran pemerintah Kota Sukabumi tersebut banyak yang tidak terawat, bahkan terabaikan.

Salah seorang warga Karangtengah Kecamatan Gunungpuyuh, Rizki Taupiq Hidayat mengatakan, keberadaan Lapang Renyah ini sangat dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar untuk berolahraga seperti bola voli, futsal, bulutangkis, dan menjadi tempat berkumpulnya masyarakat.

Namun sayangnya, sudah beberapa bulan terakhir ini, beberapa bagian Lapangan Renyah terlihat rusak bahkan seolah tidak terawat.

“Kami berharap pemerintah tidak hanya sebatas membangun namun juga perawatannya harus diperhatikan, karena beda perawatan langsung oleh masyarakat dibandingkan dengan pemerintah.

Perawatan masyarakat hanya sebatas menjaga serta memanfaatkan fasilstas saja. Tidak mungkin masyarkat harus mengganti kerusakan dan kalau hanya sebatas tambal sulam sih masyakat sepertinya tidak keberatan,” ujar Rizki Kepada Radar Sukabumi, Rabu (20/4).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Olahraga pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi, Ganjar Ramdhani Saputra mengaku, pengelolaan Lapang Renyah tersebut sudah sepenuhnya diberikan kepada kelurahan dan kecamatan setempat.

“Sudah serah terima dan ditanda tangani oleh pak Sekda dan Dinas Pemuda Dan Olahraga berkasnya sudah di ada setiap kecamatan. Itu pun sudah dilakukan sebelum saya menjabat menjadi Kabid Olahraga,”kilah Ganjar kepada Radar Sukabumi.

“Karena dari kita hanya ada anggaran untuk pembangunan saja, tidak ada anggaran untuk perawatan maupun perbaikan,” tuturnya.

Ditambahkannya, sebelumnya sudah ada pertemuan dengan stake holder yang ada di tingkat kecamatan.

Dari pertemuan itu sudah diinformasikan bahwa Lapang Renyah harus dipelihara dan harus disampaikan juga kepada warga sekitar agar ada aktivitas dilokasi tersebut.

“Itu sudah kami himbau dan sudah kami sosialisasikan sampai juga kepada pihak kecamatan dan kelurahan,” pungkasnya. (cr1/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.