KPU Kota Sukabumi Jemput Bola Pendaftaran PPS Untuk Pemilu 2024

Ratna Istianah
Komisioner KPU Kota Sukabumi Ratna Istianah, saat melakukan jemput bola Pendaftaran PPS Untuk Pemilu 2024, di kelurahan Warudoyong, Selasa (20/12).

SUKABUMI— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi melakukan jemput bola dalam melakukan pendaftaran Badan Ad Hoc untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke setiap Kelurahan, Selasa (20/12).

Seperti halnya, KPU membuka pendaftaran di Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi. Dalam pelayanannya KPU menggunakan Mobil Cerdas Literasi (Moci) yang merupakan inovasi program KPU Kota Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Kota Sukabumi, Ratna Istianah mengatakan, program jemput bola ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan mendaftarkan diri sebagai calon PPS.

“Ini merupakan inovasi KPU Kota Sukabumi untuk memudahkan masyarakat yang akan mendaftarkan diri sebagai calon anggota PPS,” ujar Ratna kepada Radar Sukabumi, Selasa (20/12).

Ratna menambahkan, untuk mekanisme nya nanti para pendaftar diarahkan untuk melakukan pendaftaran menggunakan aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (Siakba).

“Mekanisme pendaftaran melalui Siakba yang kami sudah sediakan di Mobil Moci atau di handphone para pendaftar masing-masing. Kemudian hardcopy diantarkan ke kantor KPU,” paparnya.

Ratna menjelaskan, pendaftaran PPS untuk pemilu 2024 ini sudah dibuka sejak 18 – 27 Desember. Saat ini di hari ke-tiga sedikitnya, sudah ada 200 pendaftar melalui aplikasi Siakba.

“Untuk kuota PPS ini sekitar 99 orang dan ini untuk kebutuhan di 33 Kelurahan per kelurahan ada 3 PPS nantinya,” jelasnya.

Lanjut Ratna, Setelah semua tahapan selesai calon anggota PPS selesai, pada 14 Januari 2023 nanti akan dilakukan pelantikan anggota PPS terpilih. “Jadi setelah selesai semua, pelantikan anggota PPS terpilih akan dilakukan pada 14 Januari 2023,” pungkasnya. (cr4/t)

Pos terkait