Kota Sukabumi Membangun

Musrembang RKPD Dorong Pemantapan Kesejahteraan

PEMKOT SUKABUMI – Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Sukabumi tahun 2021 berfokus pada pemantapan kesejahteraan masyarakat dan penguatan daya saing ekonomi daerah.

Dalam kegiatan tersebut, Fahmi juga menyampoaikan arah kebijakan pembangunan Kota Sukabumi pada 2021 mendatang.

Hadir dalam kesempatan itu pula, Asisten Pemerintahandan Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi Jawa Barat Daud Achmad, Wakil Walikota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, dan pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Musrenbang tingkat kota ini digelar setelah sebelumnya diselenggarakan musrenbang kelurahan dan kecamatan,” ujar Walikota Sukabumi Achmad Fahmi.

Melalui Musrenbang ini sambung Fahmi, aspirasi warga kota diserap sebesar-besarnya yang akan dituangkan dalam perencanaan pembangunan. Dikatakannya, ada sejumlah prioritas pembangunan di Kota Sukabumi.

  1. Pertama, peningkatan kualitas SDM, ketahanan keluarga, dan sosial kemasyarakatan.
  2. Kedua, pemantapan kesejahteraan masyarakat dan penguatan daya saing ekonomi daerah.
  3. Ketiga, penataan infrastruktur dan tata kota dengan penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan.
  4. Keempat, pemantapam kualitas lingkungan hidup.
  5. Kelima, reformasi birokrasi, peningkatan pelayanan publik, penataan kelembagaan, dan kinerja perangkat daerah.

Lanjutnya, Perencanaan pembangunan juga mengacu pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2018-2023 dengan visi Terwujudnya Kota Sukabumi yang religius, nyaman dan sejahtera dengan empat misi.

Fahmi menuturkan, arah kebijakan pembangunan dijabarkan dalam empat hal pertama, pengurangan kemiskinan dan tingkat pengangguran. Kedua, peningkatan kualitas hidup sumber daya melalui penjaminan akses terhadap pelayanan dasar pendidilan dan kesehatan.

Selain itu, arah kebijakan pembangunan Kota Sukabumi juga diprioritaskan pada penguatan perekonomian daerah melalui kemitraan dengan swasta dan terakhir peningkatan pembangunan dukungan infrastruktur pada pusat pertumbuhan baru.

Fahmi memaparkan program unggulan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi. Misalnya program homecare, ambulans sigap, dan puskesmas klinik sore serta program unggulan lainnya. (bal)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button