Kodim 0607 Kawal Ketahanan Pangan

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com – Sukabumi- Komando Distrik Militer (Kodim) 0607 Kota Sukabumi terus mengawal sektor pertanian sebagai upaya untuk menyukses dan menjaga kestabilan program ketahanan pangan. Kodim 0607 juga terus melakukan upaya menggalakan penyerapan gabah dari para petani sukabumi.

“Untuk mengawal sektor ketahan pangan, bukan hanya terfokus kepada beras saja, melainkan dari komoditi lainya,”ujar Dandim 0607 Kota Sukabumi Letnan Kolonel Kav Mujahidin. belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Mujahidin mengatakan, upaya penyerapan gabah dimaksud tentunya secara optimal bisa dilakukan. Sehingga, gabah yang diserap dari para petani nantinya bisa disalurkan ke Bulog dan diharapkan menjadi lubung atau stok pangan yang sustainable (berkelanjutan).

“Sebenarnya kalau Kodim bergerak dengan kelompok tani yang ada tidak harus di gabah saja, melainkan semua jenis petanian lainya, dengan begitu akan terwujud ketahanan yang baik,”tandasnya.

Mengenai pasokan, Lanjut Mujahidin, harus disikapi dengan aksi. Artinya, harus menyiapkan lahan-lahan yang memadai untuk bercocok tanam, sehingga semua jenis komoditi bisa ditanam.

Nantinya dengan begitu, tidak usah mengambil pasokan dari luar, sebab semua kebutuhan akan ketahanan pangan semuanya ada di lahan sendiri. “Tidak usaha ngambil dari luar, karena semua stok bisa diambil di wilayah kita dengan memanfaatkan lahan yanag ada,”terangnya.

Selain itu, para petani yang mengelola pangan pun bisa tersalurkan hasil buminya, bahkan tidak akan terjadi flutuaktif harga. Artinya stabil karena semua masuk ataupun tersedia di wilayah sukabumi.

“Lahan yang ada sat ini baik di Kota ataupun di Kabupaten Sukabumi dinilai cukup bagus dengan memiliki ribuan hektare lahan pertanian. Jadi bisa untuk memenuhi dua wilayah tersebut,”pungkasnya.

 

(bal/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *