Kesadaran Warga Kota Sukabumi Buang Sampah Pada Tempatnya Masih Minim

DLH Kota Sukabumi
Sejumlah petugas DLH Kota Sukabumi saat melakukan bersih-bersih di sekitar Lapang Merdeka

SUKABUMI — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, menyebutkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya hingga saat ini masih minim. Pasalnya, masih banyak ditemukan dibeberapa tempat sampah berserakan bahkan, pada Senin (6/6) lalu air dari Sungai Cisuda Kecamatan Baros meluap akibat sampah yang menyumbat saluran air.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peran Serta Masyarakat, pada DLH Kota Sukabumi, Arlan Paranti mengatakan, DLH masih banyak menemukan masyarakat yang membuang sampah sembarangan, baik dari sarana ruang publik maupun ke sungai atau selokan.

Bacaan Lainnya

“Saya melihat masyarakat masih cukup acuh dan kurang peduli terhadap lingkungan sekitar, terkadang mereka senaknya juga membuang sampah karena berpikir nanti akan dibersihkan petugas,” kata Arlan kepada wartawan, Selasa (7/6).

Menyikapi hal tersebut, lanjut Arlan, ke depan DLH Kota Sukabumi akan menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat untuk tepat membuang sampah pada tempatnya.

“Semoga saja masyarakat bisa lebih sadar dan peduli terhadap sampah dan lingkungannya. Jangan sampai ulah buang sampah sembarangan bisa membawa musibah bencana, apalagi saat ini masih musim penghujan,” ungkapnya.

Arlan menambahkan, bertepatan dengan hari lingkungan hidup pada Minggu lalu, petugas DLH melakukan aksi bersih-bersih di area publik seperti Lapangan Merdeka dan Alun-alun.

Dalam aksi bersih-bersih ini, petugas masih menemukan banyaknya sampah di buang bukan pada tempatnya.

“Sangat disayangkan sarana area publik yang kita miliki masih belum terjaga dengan baik oleh kita semua, khususnya ketaatan warga dalam membuang sampah.

Untuk itu kami dari DLH terus mengimbau dan mengingatkan agar kita peduli terhadap lingkungan sekitar,” ucapnya.

Pihaknya berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar dapat membuang sampah pada tempatnya.

“Mudah-mudahan ke depan kesadaran masyarakat dapat lebih meningkat lagi sehingga tidak ada lagi sampah yang berserakan khususnya di ruang publik,” pungksnya. (bam/radar sukabumi)

DLH Kota Sukabumi
Sejumlah petugas DLH Kota Sukabumi saat melakukan bersih-bersih di sekitar Lapang Merdeka

Pos terkait

Tinggalkan Balasan