Kebakaran di Kota Sukabumi, Didominasi Korsleting Listrik

  • Whatsapp
Kebakaran rumah makan
Petugas pemadam kebakaran saar mencoba memadamkan api yang menghanguskan salah satu rumah makan di Jalur Lingkar Selatan

SUKABUMI — Pemadam Kebakaran (Damkar) pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi menyebutkan, penyebab bencana kebakaran hingga saat ini masih didominasi korsleting listrik yang menimbulkan percikan api hingga terjadi kebakaran.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi, Sudrajat mengatakan, pada Januari hingga Juni tahun ini saja sudah ada 18 kejadian kebakaran yang penyababnya didominasi korsleting listrik.

Bacaan Lainnya

“Memang korsleting listrik menjadi penyabab paling banyak. Karena itu, perlu meningkatkan kewaspadaan,” kata Sudrajat kepada Radar Sukabumi, Minggu (1/8).

Menurut Sudrajat, sejauh ini masyarakat masih banyak menggunakan kabel rambut sehingga mudah terjadi korsleting listrik. “Sebab itu, kami meminta agar masyarakat dapat segera mengganti kabel yang memang sudah tidak layak pakai khususnya kabel rambut karena mudah korslet. Dengan begitu, kami yakin akan bisa meminimalisir hal-hal yabg tidak diinginkan,” ujarnya.

Dalam penanganan kebakaran, lanjut Sudrajat, Damkar Kota Sukabumi saat ini berupaya melakukan survai di daerah padat penduduk dan yang sulit dijangkau mobil Damkar. Hal ini, sebagai salah satu bentuk penanganan dini kebakaran.

“Petugas melakukan pengecekan sumber air yang ada disetiap daerah baik yang padat penduduk maupun yang sulit terjangkau kendaraan. Dengan begitu, ketika terjadi kebakaran tidak sulit mencari sumber air untuk memadamkan api,” paparnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *