Jumat Curhat, Kapolres Sukabumi Kota Terima Keluhan Soal Pembuatan SIM

Jumat Curhat Kapolresta Sukabumi
Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin saat mendengarkan saran dan keluhan masyarakat di Perum Graha Taman Sukabumi, Jumat (13/1).

SUKABUMI – Polres Sukabumi Kota, kembali menyelenggarakan program Jumat curhat yang kali ini diselenggarakan di Perum Graha Taman Sukabumi.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin mendengarkan saran dan keluhan masyarakat mengenai beberapa pelayanan publik dan pengelolaan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Bacaan Lainnya

Seperti, dikeluhkan salah seorang tokoh pemuda Perum Graha Taman Sukabumi, Firman Budiman (50 tahun) mengeluhkan proses penerbitan SIM.

“Kami memahami pengendara diwajibkan untuk memiliki dan melengkapi surat kendaraan termasuk SIM. Akan tetapi kami juga menganggap proses penerbitan SIM nya sendiri ribet dan tidak praktis,” keluh Firman disela curhatannya, Jumat (13/1).

Firman juga mengaku, memahami terkait situasi yang mungkin banyak pemohon tengah membuat SIM sehingga waktu pembuatannya cukup lama.

“Ya, waktu relatif cukup lama karena mungkin banyak masyarakat mengikutinya juga, tapi kami menganggap hal tersebut dapat menyusahkan masyarakat yang ingin memilik SIM,” ujarnya.

Selain keluhan pembuatan SIM, saran dan masukan juga disampaikan warga kepada orang nomor satu di Polres Sukabumi Kota tersebut. Seperti, Ketua RW 7, Citra Purnamawan meminta agar Polisi lebih meningkatkan sosialisasi mengenai hukum maupun peraturan yang ada.

“Kedisiplinan tentunya harus disertai dengan kepekaan dan pengetahuan tentang berbagai jenis hukum atau peraturan yang ada sehingga diperlukan sosialisasi yang serius dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, seluruh personel Polri khususnya anggota Polres Sukabumi Kota bisa menjadi humas yang mensosialisasikan, memberikan edukasi tentang hukum dan peraturan tersebut. “Dengan begitu masyarakat bisa mengetahui, memahami dan menaatinya,” harapnya.

Menyikapi berbagai saran dan keluhan tersebut, Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin menjelaskan, Kepolisian merupakan unsur pelaksana Undang-undang (UU) sehingga proses penerbitan SIM yang sudah dijelaskan UU maupun peraturan lainnya harus dilaksanakan.

“Kami ini merupakan unsur pelaksana dari UU yang telah diatur dan diolah sedemikian rupa oleh para pemimpin maupun wakil kita di DPR,” jelas Zainal.

Zainal meyakini, tahapan atau proses penerbitan SIM yang telah diatur tersebut bisa menentukan kelayakan seseorang untuk berkendara.

“Baik secara psikologis, pengetahuan berlalulintas maupun kecakapannya dalam mengendarai kendaraan,” paparnya.

Ia membeberkan, pada kesempatan ini juga Polres Sukabumi Kota informasikan telah menyiapkan layanan informasi yaitu program Bebeja Ka Polres yang bisa diakses masyarakat melalui aplikasi WhatsApp di nomor 082126054961 atau melalui akun Medsos Instagram, Facebook maupun Twitter.

“Tentunya hal ini kami sediakan untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan saran, masukan, pengaduan maupun informasi seputar Kamtibmas yang terjadi di lingkungannya,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait