KOTA SUKABUMI

Jona Sarankan Bangun BUMD Parkir

SUKABUMI – Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, Jona Arizona mendorong pemerintah daerah untuk membentuk suara Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD) yang fokus dalam mengelola parkir. Hal itu sebagai upaya mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD) dari sektor Parkir.

Sehingga pendapatan dari sektor parkir itu bisa menyumbangkan PAD yang lebih besar ketimbang dikelola oleh pihak swasta. “Untuk menggali potensi PAD parkir, ini akan lebih maksimal memiliki BUMD.

Disana dibentuk PT khusus, lalu buatkan regulasinya sesuai dengan peraturan daerah,” ujarnya.

Menurut Jona, dengan adanya BUMD parkir ini akan mendapatkan keuntungan lebih besar dibandingkan dikelola oleh pihak ketiga. Tentunya ada estimasi pendapatan yang dikelola oleh BUMD dan pihak swasta.

“Keuntungannya itu bisa kembali ke PAD. Sedangkan pihak ketiga ya pasti ada keuntungan tapi untuk perusahaan. Kalau dikelola profesional akan lebih maskimal, “terangnya.

Jona mengaku, sebagai pembanding, Kota Tangerang memiliki BUMD pengelolaan parkir sehingga bisa mendapatkan PAD yang begitu besar. Ditambah dengan sistem IT dalam rangka pengendalian arus lalu lintas. ” Informasi tambahan yang didapat komisi 1 dan komisi 2 di Kota Tangerang itu bisa menjadi bahan masukan untuk pemerintah Kota Sukabumi,” ucapnya.

Ditambahkannya, jika dikelola oleh BUMD yang profesional tentunya akan berdampak kepada PAD. Nanti pun dalam menerapkan besaran pendapatan retribusi parkir bisa dilakukan uji petik.

” Pasti setiap ruas jalan yang digunakan parkir itu pendapatannya berbeda-beda. Untuk lebih bagusnya itu dilakukan uji petik kembali. Sehingga optimalisasi PAD bisa lebih jelas,” pungkasnya. (bal)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button