Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024, Kesiapsiagaan 70 Linmas Digodok

Pemerintah Kelurahan Sriwidari Kota Sukabumi
Sejumlah peserta saat mengikuti pemberdayaan masyarakat peningkatan kapasitas satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di salah satu vila Kota Sukabumi, Rabu (19/6).

SUKABUMI – Pemerintah Kelurahan Sriwidari, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi menggelar pemberdayaan masyarakat peningkatan kapasitas satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Hal itu, dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesiapsiagaan anggota Satlinmas untuk mewujudkan Pilkada yang aman, tertib, dan damai.

Bacaan Lainnya

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji mengatakan, saat ini terfapat sebanyak 70 anggota Linmas yang mengikuti kegiatan.

“Menjelang Pilkada ada beberapa Linmas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) antara lain, bertanggung jawab terhadap keamanan lokasi TPS, petugas KPPS, logistik Pemilu yang meliputi kotak suara, kartu suara, dan berbagai macam alat peraga lainya,” kata Kusmana kepada wartawan, Rabu (19/6).

Selanjutnya, memeriksa Pemilih yang akan masuk ke lokasi TPS yang meliputi, apakah sudah ada tanda tinta di jari tangan, membawa atribut partai atau paslon maupun sudah membawa KTP.

“Selain itu, anggota Linmas juga diwajibkan menjaga ketertiban calon pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya dan setelah menggunakan hak pilihnya. Serta menjaga keamanan distribusi pengembalian kotak suara ke PPK kecamatan,” ujarnya.

Menurutnya, petugas Linmas akan di tempatkan di pintu masuk TPS dan pintu keluar TPS, untuk itu setiap TPS ada petugas keamanan yang berjumlah dua personel.

Berdasarkan Permendagri nomor 26 tahun 2020, Linmas adalah segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan untuk melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana ataupun gangguan lainnya.

“Upaya ini juga mencakup tugas untuk membantu pemeliharaan keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat, serta partisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,” cetusnya.

Kusmana mengingatkan, Satlinmas bukanlah entitas militer, melainkan satuan tugas yang berasal dari anggota masyarakat setempat yang dibentuk lurah.

“Dengan berbagai persiapan yang dilakukan diharapak dapat meningkatkan kondusifitas wilayah khususnya selama Pilkada berlangsung,” pungkasnya. (Bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *