Dua Rumah Aman Gempa di Baros yang Dibangun PMI Kota Sukabumi Siap Dihuni

  • Whatsapp
Kunjungan dari Dinas PUPR dan BPBD Kota Sukabumi ke Rumah Aman Gempa garapan PMI Kota Sukabumi di Baros

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Palang Merah Indonesia atau PMI Kota Sukabumi sebentar lagi menyelesaikan pembangunan konstruksi retrofitting Rumah Aman Gempa di Kelurahan/Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. Ini merupakan program kerjasama dengan American Red Cross (AMICROSS) dan PMI pusat.

Ketua PMI Kota Sukabumi drh Suranto Sumowriyo mengatakan, hanya ada dua kabupaten/kota se-Indonesia yang ditunjuk untuk melakukan permodelan retrofitting Rumah Aman Gempa, yakni Kota Sukabumi dan Kabupaten Banyuwangi.

Bacaan Lainnya

“Amanah yang dipercayakan oleh AMICROSS dan PMI Pusat ini telah kami laksanakan dengan sangat baik. Semua pihak terlibat, mulai dari Pemerintah Kota Sukabumi dalam hal ini Dinas PUPR dan BPBD Kota Sukabumi, serta Camat Baros, Lurah Baros dan warga setempat,” kata Suranto kepada Radar Sukabumi saat melakukan peninjauan bersama BPBD dan Dinas PUPR, Rabu (7/4/2021).

Suranto menjelaskan lagi bahwa program retrofitting berbasis masyarakat yang dilaksanakan oleh PMI Kota Sukabumi dengan dukungan AMICROSS dengan pendanaan USAID memasuki tahapan baru yakni pelaksanaan rumah contoh Retrofitting dengan metode Ferrocement yang digagas oleh Teddy Boen dan di implementasikan oleh PMI.

Tahapan sebelumnya yakni pelatihan relawan dan tukang lokal telah dilakukan untuk mendorong masyarakat mampu melakukan retrofitting sebagai tindakan pengurangan risiko bencana. Retrofitting pada rumah contoh ini juga sebagai sarana edukasi bagi masyarakat setempat untuk lebih mengenal retrofitting.

Salah satu ciri khas dari metode ferrocement adalah penggunaan kawat besi yang dipasang pada tembok dengan bentuk silang. “Dan ini sudah sama-sama kita lihat tadi, benar-benar kuat. Tampak kuat ya,” cetus Suranto.

Program ini secara perdana dilakukan untuk dua warga atas nama Kunang Kuswandi dan Nurhayati yang keduanya adalah warga Kampung Salagombong 02/08 Kelurahan /Kecamatan Baros.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Kasi Perumahan pada DPUPRPKP2 Kota Sukabumi, Rilda Kardian. Dia berharap dengan adanya Retrofitting Rumah Aman Gempa oleh PMI Kota Sukabumi dapat menjadi percontohan untuk program perumahan daerah.

“Alhamdulillah kami juga dari awal memantau kerusakan rumah ini sampai akhir ini telah dilakukan perkuatan struktur dengan menggunakan metode ferrocement. Mudah-mudahan ini sebagai percontohan di Sukabumi dan masyarakat bisa melihat percontohan ini sebagai rumah aman gempa untuk keselamatan si penghuni. Mudahan-mudaan permodelan ini bisa ditindaklanjuti di Kota Sukabumi atau program lain seperti perumahan swadaya,” harapnya.

Masih di tempat yang sama, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Bahrami menuturkan bahwa pihaknya mengapresiasi atas pembangunan Rumah Aman Gempa oleh PMI.

“Setelah kami melihat permodelan Rumah Aman Gempa, kami sangat apresiasi sekali. Karena ini akan menambah daya tarik kepada warga bahwa betapa pentingnya membangun rumah yang aman terhadap bencana, terutama gempa bumi. Karena yang kita cari di sini adalah keselamatan dan kenyamanan. Dengan sangat luar biasa mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan terhadap bencana gempa di KOta Sukabumi,” tuturnya. (izo/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *