DPUTR Kota Sukabumi Kucurkan Rp480 Juta, Bantu Pembangunan Rumah

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat menyerahkan bantuan secara simbolih kepada penerima manfaat, Kamis (31/8).

SUKABUMI – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Sukabumi, mengucurkan bantuan stimulan sebesar Rp480 juta untuk pembangunan 30 unit rumah yang terdampak bencana.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjelaskan, bantuan yang disalurkan saat ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan telah disalurkan sesuai tingkat kerusakan rumah. Mulai kerusakan ringan, sedang dan berat.

Bacaan Lainnya

“Terdapat tiga kategori bantuan dengan besaran dana berbeda. Yaitu, ringan sebesar Rp10 juta, sedang sebesar Rp15 juta, dan berat sebesar Rp20 juta,” kata Fahmi kepada wartawan, Kamis (31/8).

Menurutnya, penyaluran bantuan stimulan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga yang tengah tertimpa musibah. “Dengan adanya bantuan ini kami harap semua warga yang rumahnya mengalami kerusakan bisa kembali dibangun,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto memaparkan, program ini mencakup 30 penerima bantuan dari 17 kelurahan di 7 kecamatan.

“Perlu diketahui, bantuan disalurkan secara non-tunai melalui Bank BJB. Rincian bantuan mencakup 7 rumah rusak ringan, 10 rumah rusak sedang, dan 13 rumah rusak berat dengan total anggaran Rp480 juta,” paparnya.

Ia menambahkan, dana bantuan dapat digunakan untuk pembayaran upah tukang maksimal 20 persen dan pembelian material 80 persen. Sebelumnya, penerima bantuan telah membuka rekening tabungan melalui Bank Jabar cabang Sukabumi.

“Hal ini memungkinkan kelancaran proses penyaluran bantuan dan telah mendapatkan dukungan dari pimpinan BJB Cabang Sukabumi,” tukasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *