DPC K-Sarbumusi Tingkatkan Kapasitas Pengurus Lewat Tadarus Perburuhan

  • Whatsapp
DPC K-Sarbumusi Sukabumi saat menggelar tadarus perburuhan sekaligus membahas hukum perdata dan hukum ketenagakerjaan, belum lama ini.

SUKABUMI — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Buruh Muslimin Indonesia (K-Sarbumusi) Sukabumi, menggelar tadarus perburuhan sekaligus membahas hukum perdata dan hukum ketenagakerjaan. Hal ini, dilakukan sebagi upaya untuk meningkatkan kapasitas pengurus agar dapat menjalankan tugas dan fungsi organisasi dengan baik.
Kegiatan ini, langsung dihadiri narasumber dari Pengurus Peradi Sukabumi, Junaidi Turigan, Wakil Presiden DPP K-Sarbumusi Sukitman Sudjatmiko dan Surya Adam Sudaman mewakili Dewan Pembina DPC K-Sarbumusi Sukabumi. “Hukum ketenagakerjaan merupakan hukum yang mengatur tentang segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah kerja. Ketenagakerjaan ini masuk menjadi bagian dari Hukum Perdata Materil. Di Indonesia diatur di dalam UU nomor 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan atau Perburuhan pada waktu sebelum, selama, dan sesudah bekerja,” ungkap Junaidi Turigan yang juga merupakan Dosen Hukum di Universitas Nusaputra Sukabumi, belum lama ini.
Junaidi menjelaskan, diantara tujuan dari adanya hukum ketenagakerjaan yakni pemberdayaan, pemerataan, penyediaan, dan perlindungan bagi para tenaga kerja. “Adapun tujuan dari kukum ketenagakerjaan itu sendiri di antaranya, memberdayakan dan mendayagunakan tenaga kerja secara optimal dan manusiawi, mewujudkan pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan nasional dan daerah, memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dalam mewujudkan kesejahteraan dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya,” jelasnya.
Sementara itu, Sekretaris DPC K-Sarbumusi Kota Sukabumi Wingwing Suhendar menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas pengurus DPC K-Sarbumusi Sukabumi agar dapat menjalankan tugas dan fungsi organisasi dengan baik sesuai dengan kapasitas masing-masing pengurus. “Tindak lanjutnya, pengurus akan diterjunkan advokasi, dan selanjutnya akan dilakukan peningkatan skill di lapangan terkait konteks urusan tentang buruh formal maupun informal di Sukabumi,” tambahnya.
Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat menjadi bekal keilmuan bagi para pengurus yang kelak akan menjadi bekal yang bermanfaat dalam memperjuangkan hak-hak buruh. “Kami harap, dengan dibekali keilmuan tentang hukum dan skill melalui tadarus perburuhan ini akan menjadi bekal yang bermanfaat dalam mengawal, memperjuangkan hak-hak buruh yang ada di Sukabumi dengan segala kompleksitas permasalahannya,” ujarnya.
Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan secara intensif dengan beberapa kali pertemuan selama bulan Ramadhan yang diikuti oleh beberapa perwakilan pengurus DPC di Sekretariat Bersama Sarbumusi Kota dan Kabupaten Sukabumi.
Pada pertemuan kedua tersebut turut hadir Wakil Presiden DPP K-Sarbumusi Sukitman Sudjatmiko dan Surya Adam Sudaman mewakili Dewan Pembina DPC K-Sarbumusi Sukabumi. (bam/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *