Diskominfo Kota Sukabumi Gencarkan Sosialisasi Peralihan TV Digital

Rahmat Sukandar
Kepala Diskominfo Kota Sukabumi Rahmat Sukandar (tengah) seusai menerima penghargaan

CIKOLE— Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi terus melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait Program Analog Switch Off (ASO). Di mana, setelah adanya kebijakan pemerintah pusat Migrasi TV Analog ke Digital pada 30 April 2022 lalu.

Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar mengatakan, jika melihat aturan yang di keluarkan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI, bahwa Program ASO di seharusnya sudah masuk tahap tiga, namun hal itu belum bisa dilakukan di Kota Sukabumi, sehingga perlu dilakukan sosialisasi kembali.

Bacaan Lainnya

“Seharusnya secara jadwal bulan ini, tapi yang saya tahu pada tahap satu dan tahap dua itu gagal, sepertinya efek domino ini akan mengalam keterlambatan,” ucap Rahmat Kepada Radar Sukabumi saat ditemui dikantor Diskominfo, belum lama ini.

Apalagi kata Rahmat, untuk di Kota Sukabumi belum ada pembagian Set top box (STB) yang dijanjikan pemerintah pusat dan penentuan calon penerima STB ini akan ditentukan oleh pemerintah pusat melalui Dirjen kependudukan catan sipil.

“Peran pemerintah daerah kota dan kabupaten hanya memverivikasi atau memvalidasi data. Apakah si calon penerima ini masih hidup atau masih berdomisili ditempat itu, kemudian kita pun memastikan mereka itu harus mempunyai tv,” jelasnya.

Lanjut Rahmat, tentunya dinas kominfo terus melakukan soialisasi, terutama ke aparat wilayah seperti, kecamatan, kelurahan, maupun sampai ketingkat RT dan RW. Tidak hanya itu, sosialisasi pun dilakukan melalui akun website Dinas Kominfo Kota Sukabumi secara berkesinambungan.

“Sebenarnya sosialisasi itu tidak hanya dibebankan kepada pemerintah daerah, tetapi kepada stasiun tv, kemudian komisi penyiaran dan stake holder yang lain. Mudah-mudahan kalau kolaborasi ini berjalan, masyarakat bakal mendapatkan informasi secara sempurna,” pungkasnya. (cr4/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *